Fattah, Abdul (2018) Implementasi program imtaq dalam menunjang pembelajaran rumpun pendidikan agama islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 14 (2). pp. 87-100. ISSN P-ISSN 1829-6491, E-ISSN 2580-9652

[img] Text (Artikel Jurnal)
Implementasi Program IMTAQ.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (651kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/art...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang; (a) bentuk-bentuk pelaksanaan program imtaq dalam menunjang pembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam, (b) faktor pendukung dan penghambat dari program imtaq tersebut, dan (c) urgensi program imtaq dalam menunjang pembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam di MI Nurul Karim NW (MI NKNW) Kebon Ayu Gerung Lombok Barat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, studi dokumentasi, danmetode observasi dengan melibatkan diri secara langsung saat program imtaq berlangsung. Hasil temuan peneliti adalah dengan adanya program imtaq yang dilaksanakan secara rutin tersebut, telah membawa hasil dengan terjadinya perubahan yang signifikan pada anak didik di MI NKNW Kebon Ayu Gerung. Perubahan-perubahan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang ditandai dengan tertanamnya kebiasaan-kebiasaan berbuat baik anak didik di lingkungan Madrasah maupun di luar lingkungan Madrasah. ENGLISH This study aims to examine in depth about; (a) the forms of implementation of theIMTAQ program in supporting the learning of the Islamic Education family, (b) the supporting and inhibiting factors of theIMTAQ program, and (c) the urgency of theIMTAQ program in supporting the learning of Islamic Education atMadrasah IbtidaiyahNurul Karim NWKebon Ayu Gerung,West Lombok. The study used a qualitative-descriptive approach. The research data was obtained through interviews, documentation studies, and participant observation method. The results of the researchers' findings are that with the imtaq program routinely carried out, it has it has brought the results with significant changes to students atMI NKNWKebon Ayu Gerung's. These changes include cognitive, affective, and psychomotor aspects which are signed with the ingrained habits to do the good deeds by students at Islamic school(Madrasah) environment and outside the madrasahenvironment.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: program imtaq; rumpun pendidikan; agama islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:44
Last Modified: 21 Mar 2022 06:44
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item