Qurniati, Devi (2021) Desain pengembangan bahan ajar berbasis chemo-entrepreneurship. UIN Mataram Press, Mataram. ISBN 978-623-98882-3-7

[img] Text (Buku)
DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Buku referensi ini merupakan hasil kajian dari penelitian penulis yang telah dipadukan dengan beberapa hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional maupun internasional, agar dapat digunakan sebagai referensi bagi guru, dosen, mahasiswa serta masyarakat umum dalam mendesain dan mengembangkan bahan ajar, khususnya bahan ajar yang berbasis Chemo-Entrepreneurship (CEP). Beberapa konsep materi yang akan ditampilkan dalam sebuah bahan ajar harus disesuaikan dengan basis bahan ajar yang diinginkan oleh pengembang. Contohnya pada modul asam basa yang berbasis Chemo-entrepreneurship (CEP), materi asam basa yang berbasis Chemo-entrepreneurship (CEP) terdapat pada beberapa sub materi antara lain: Konsep sifat Asam Basa, Konsep teori Asam Basa, Konsep asam kuat dan asam lemah, Konsep Indikator Asam Basa, dan Konsep titrasi Asam Basa. Beberapa produk kimia yang sesuai dengan materi asam basa antara lain: Sabun Cuci Piring, Sabun Cuci Tangan, Parfum, Permen Jely dari Daun Pepaya, Cuka Apel, dan obat dari Kulit Manggis. Penilaian sebuah bahan ajar juga penting dilakukan agar pengembang dapat mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Penilaian bahan ajar dapat dilakukan oleh beberapa ahli atau validator seperti ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Dengan dilakukannya penilaian bahan ajar tersebut, pengembang bahan ajar memiliki acuan untuk melakukan proses revisi dan evaluasi terhadap produk yang dikembangkan sehingga memperoleh produk yang layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Contohnya pada pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis Chemo-Entrepreneurship, hasil penilaian validator ahli media, ahli materi, dan respon siswa, dalam kriteria “baik” sehingga modul pembelajaran kimia berbasis Chemo-Entrepreneurship layak digunakan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; kontekstual; kimia
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039999 Chemical Sciences not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:03
Last Modified: 24 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item