Mustafa, Pinton Setya (2021) Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2 (1). pp. 49-57. ISSN 2721-1592

[img] Text (Artikel Jurnal)
Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya - Ndaru, Pinton 188-Article Text-354-1-10-20210309.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (382kB)
Official URL: https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Sistem pendidikan secara dinamis berubah-ubah seiring dengan perkembangan zaman sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu yang menjadi tren akhir ini adalah teori belajar konstruktivisme. Tujuan dari artikel ini adalah mengkaji pembelajaran konstuktivisme dalam dunia pendidikan dan pembelajaran. Penelitian ini adalah studi pustaka, yang mengumpulkan sumber referensi untuk dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Hasil sumber yang ditemukan yaitu pembelajaran konstruktivisme adalah model pendekatan alternatif yang mampu menjawab kekurangan paham behavioristik yang beranggapan bahwa pengetahuan merupakan konstruksi (bentukan) dari kita yang menganalisis dan simpulkan. Ciri khas dari karakteristik konstruktivisme yaitu; (1) belajar aktif, (2) bersifat otentik dan situasional, (3) menarik dan menantang, (4) pengaitan pengetahuan lama dengan informasi baru, (5) merefleksikan pengetahuan, (6) guru sebagai; (7) guru dapat memberi bantuan dalam menempuh proses belajar. ENGLISH The education system dynamically changes along with the times so that it requires a proper learning approach. One of the recent trends is constructivism learning theory. The purpose of this article is to examine constructivism learning in the world of education and learning. This research is a literature study, which collects reference sources for analysis and then draws conclusions. The results found that constructivism learning is an alternative approach model that is able to answer the deficiencies of behavioristic understanding which assumes that knowledge is a construction (formation) from us who analyze and conclude. The characteristic features of constructivism are; (1) active learning, (2) authentic and situational, (3) interesting and challenging, (4) linking old knowledge with new information, (5) reflecting on knowledge, (6) the teacher as; (7) the teacher can provide assistance in the learning process.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan; pembelajaran; konstruktivisme
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pinton Setya Mustafa M.Pd
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:01
Last Modified: 27 Jun 2022 08:01
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item