Yusuf, Yusuf (2016) Pengaruh strategi pembelajaran dan minat menjadi guru terhadap hasil belajar mata kuliah perencanaan pembelajaran biologi: studi eksperimen pada Jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram. Biota: Biologi dan Pendidikan Biologi, 9 (2). pp. 20-217. ISSN Online ISSN: 2460-8483

[img] Text (Artikel Jurnal)
1_Jurnal Biota 2016_Sinta 3_Penulis 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
1_Peer Review_Yusuf_2016_Jurnal Biota_Pengaruh Strategi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://biota.ac.id/index.php/jb/article/view/48

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian eksperimen ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan minat menjadi guru terhadap hasil belajar mata kuliah perencanaan pembelajaran biologi. Perlakukan stategi pembelajaran, yaitu strategi kontekstual sebagai perlakuan dan strategi konvensional sebagai pembanding pada kelompok mahasiswa memiliki minat tinggi menjadi guru dan kelompok mahasiswa memiliki minat rendah menjadi guru. Sampel diambil dengan teknik Multistage Random Sampling dari populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA Biologi Semester VI tahun pelajaran 2013/2014 sebagai perlakuan pada rancangan Treatment by Level. Data minat menjadi guru dikumpulkan dengan angket dan hasil belajar mahasiswa dengan teknik tes. Data hasil tes dianalisis dengan ANAVA dua jalur pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian (1) untuk strategi pembelajaran: nilai probabilitas uji 0.020 lebih kecil dari alpha, 0.05, tolak HO, kesimpulannya, terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi antara mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan mahasiswa yang diajar dengan strategi konvensional, dan (2) Pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan minat menjadi guru; nilai probabilitas uji = 0.004 lebih kecil dari alpha, 0.05, HO ditolak, kesimpulannya, terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan minat menjadi guru terhadap hasil belajar mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Mataram.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kontekstual; minat menjadi guru; konvensional
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 26 Jan 2021 03:19
Last Modified: 26 Jan 2021 03:19
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item