Mustafa, Pinton Setya and Winarno, M.E. (2020) Penerapan pendekatan saintifik dalam aktivitas belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7 (2). pp. 78-92. ISSN 2597-4505

[img] Text (Artikel Jurnal)
Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani 25633-59638-1-PB.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (525kB)
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKOR...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penerapan pendekatan saintifik dalam aktivitas belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) pada kurikulum 2013 di SMK Negeri 4 Malang yang meliputi aspek: perencanaan, proses pembelajaran, dan penilaian. Model penelitian evaluasi yang digunakan adalah discrepancy model kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini dengan sampel 3 Guru PJOK dan 191 siswa (yang diajar oleh guru tersebut). Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan meliputi: dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pada aspek perencanaan pembelajaran tergolong sangat baik, sedangkan pada aspek proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar masih dalam kategori baik. Berdasarkan hasil secara keseluruhan mengenai penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PJOK termasuk kriteria baik. Secara umum rekomendasi yang diberikan yaitu hendaknya perencanaan yang telah disusun juga dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan penilaian. ENGLISH This study aims to evaluate the application of the scientific approach to learning activities in physical education, sports, and health (PESH) in the 2013 curriculum at State Vocational School 4 Malang covering aspects: planning, learning process, and assessment. The evaluation research model used is discrepancy then analyzed with quantitative descriptive methods. The subject of this study was a sample of 3 PESH teachers and 191 students (taught by the teacher). Data collection techniques and instruments used include: documentation, observation, and questionnaires. The results of the research that have been done show that the aspects of learning planning are classified as very good, while the aspects of the learning process and the assessment of learning outcomes are still in the good category. Based on overall results regarding the application of the scientific approach in learning PESH including good criteria. In general, the recommendations given are that planning should also be carried out in the implementation of teaching and learning activities and assessment.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: evaluasi; pembelajaran; pendidikan jasmani; pendekatan saintifik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pinton Setya Mustafa M.Pd
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:09
Last Modified: 29 Jun 2022 06:09
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item