Rasidi, Muhamad Ahyar (2021) Standar kualitas pendidikan dasar di Nigeria: studi kepustakaan. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 13 (1). pp. 41-49. ISSN (p) 2087-8389 (e) 2656-4289

[img] Text (Artikel Jurnal)
STANDAR KUALITAS PENDIDIKAN DASAR DI NIGERIA STUDI KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (309kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Peran dan fungsi Pendidikan memiliki efek yang menjalar pada semua sector terutama dalam pembangunan dan pemanfaatan sumber daya manusia. Nigeria sebagai sebuah negara yang tertinggal dari aspek Pendidikan melakukan reformasi secara total terhadap sistem pendidikannya. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan yang dilakukan dengan mengumpulkan berbagai artikel. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Persoalan Pendidikan Nigeria menyangkut guru, fasilitas, dan anggaran. Jumlah guru yang berkualifikasi Diploma sebanyak 4,8%, asosiasi Pendidikan dan sarjana Pendidikan sejumlah 13%. Adapun ketersediaan fasilitas seperti Gedung, perpustakaan dan laboratorium tidak memadai. Reformasi Pendidikan dilakukan pemerintah Nigeria dilakukan dengan beragam terobosan diantaranya sertifikasi guru, Menyusun regulasi berbasis kesetaraan gender, peningkatan jumlah guru dan mengurangi disparitas. Peningkatan kualitas guru dikembangkan melalui training dan optimalisasi 8 standar Pendidikan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas pendidikan; sumber daya manusia; reformasi guru
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080706 Librarianship
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:58
Last Modified: 24 Aug 2022 07:58
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item