Evendi, Erpin (2021) The quality of mathematics learning in MTs Institution during the Covid-19 pandemic. JMT, 1 (2). pp. 78-87. ISSN e-ISSN : 2776-0316 p-ISSN : 2776-1533

[img] Text (Article)
3 Artikel jMt September 2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (368kB)
[img] Text (Peerreview 1 dan 2)
Peerreview.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (831kB)
Official URL: https://jurnal.jurmat.com/index.php/jmt/article/vi...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Pelaksanaan pembelajaran matematika dimasa COVID-19 ini harus teruji kualitasnya, salah satunya dengan mengetahui kualitas tes evaluasi yang digunakan selama pembelajaran daring di Sekolah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas tes ecvaluasi pembelajaran matematika MTs dimasa Pandemi COVID-19 melalui analisis kualitas tes evaluasi yang digunakan. Sebuah tes yang baik harus memnuhi standar dalam validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di MTs NW Nadhatul Abror NW Nyangget Mataram melalui tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Data kuantitatif yang diperoleh adalah skor kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif untuk menentukan tingkat kualitas instrumen secara data empiris sedangkan kualitatif untuk menentukan kategori tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 13 soal dengan kualitas baik, 10 direvisi dan 17 ditolak dengan rata-rata tingkat kesukaran butir soal = 0,685 dan telah mampu membedakan siswa yang berkampuna tinggi dan rendah. Adapun 13 soal tersebut termasuk kedalam soal dengan validitas tinggi dan reliabilitas yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: matematics. learning. covid
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Erpin Evendi
Date Deposited: 16 Aug 2022 05:38
Last Modified: 16 Aug 2022 05:38
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item