Adawiyah, Rabiatul and Hananingsih, Wahyu (2022) Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) dengan media peta konsep terhadap keterampilan berbicara di Sekolah Dasar. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 14 (1). pp. 136-144. ISSN (p) 2087-8389 (e) 2656-4289

[img] Text (Artikel Jurnal)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (297kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Latar belakang penelitian ini yaitu rasa ingin tahu peneliti tentang pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) dengan media peta konsep terhadap keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) dengan media peta konsep terhadap keterampilan berbicara pada muatan bahasa Indonesia kelas V di SDN 28 Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dalam bentuk Intact-group Comparison. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 28 Mataram berjumlah 34 orang. Kemudian teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik sampel sensus/sampling total, karena jumlah populasi kurang dari 100. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 34 orang. Data hasil penelitian diperoleh dari tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan inferensial. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai mean 77.30, nilai standar deviasi 8.296 dengan presentase 18% peserta didik masuk dalam kriteria sangat baik, sebanyak 82% peserta didik masuk dalam kriteria baik, pada kelas kontrol diperoleh nilai mean sebesar 65.88, nilai standar deviasi 3.524 dengan presentase 29% peserta didik masuk dalam kriteria baik, sebanyak 71% peserta didik masuk dalam kriteria cukup. Hasil dari perhitungan menggunakan Mann-Whitney UTest untuk uji hipotesis, maka diperoleh Uhitung < Utabel, atau 24.7 < 87 sehingga diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa “Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan media peta konsep terhadap keterampilan berbicara pada muatan Bahasa Indonesia kelas V di SDN 28 Mataram.”

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE); peta konsep; keterampilan berbicara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200403 Discourse and Pragmatics > 20040303 Pragmatics - Talk in Interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:15
Last Modified: 30 Aug 2022 01:15
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item