Syukri, Syukri (2018) Implementasi horizon ilmu dalam metodologi pembelajaran di UIN Mataram. In: Horizon Ilmu: dasar-dasar teologis, filosifis, dan model implementasinya dalam kurikulum dan tradisi ilmiah UIN Mataram. Pustaka Lombok, Lombok Barat, pp. 628-642. ISBN 978-602-5423-07-9

[img] Text (Buku)
Implementasi horison ilmu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Dalam sejarah proses perkuliahan Fakultas Tarbiyah, STAIN, IAIN bahkan sampai bertransformasinya menjadi UIN Mataram masalah metodologi pembelajaran kurang mendapat perhatian serius kalangan pejabat kampus, kecuali masalah kurikulum dan sarana prasarana, padahal masalah metodologi pembelajaran menjadi penentu sampai atau tidaknya pesan ilmu pengetahuan dari dosen kepada mahasiswa. Semenjak berdirinya Fakultas Tarbiyah Mataram Cabang IAIN Sunan Ampel Surabaya tahun 1965 sampai akhir tahun 2000, metode ceramah mendominasi sistem perkuliahan (pembelajaran) di dalam kelas. Memasuki awal tahun 2000-an sampai sekarang, mulai mengalami perubahan sedikit metodologi perkuliahan yaitu presentasi mahasiswa. Artinya, sejak tahun 1965 sampai sekarang kelihatannya cenderung menggunakan metodologi pembelajaran berbasis lisan (oral transmission), terutama metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dokumen data RPS (Rencana Pembelajaran Semester) Semester Genap Jurusan PAI tahun akademik 2016/2017 membuktikan bahwa secara dominan para dosen PAI menggunakan metode berbasis indera pendengaran, seperti; metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode presentasi mahasiswa secara kelompok dan individu, dan metode problem solving. Sementara metode berbasis indera pandang sangat jarang diterapkan, seperti; metode penugasan (resitasi), metode penayangan video, metode analisa gambar, metode bermain peran, dan metode demonstrasi. Nampaknya metodologi pembelajaran selama ini hanya memberikan fungsi telinga (pendengaran), sementara fungsi mata nyaris sangat kurang bahkan diabaikan (tidak ada).

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: horizon ilmu; metodologi pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 15 Sep 2022 00:16
Last Modified: 15 Sep 2022 00:16
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item