Nuruddin, Nuruddin (2022) Trend penelitian pendidikan inklusif di sekolah dasar: systematic literature review. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14 (2). pp. 167-196. ISSN p-ISSN 2087-8389e-ISSN 2656-4289

[img] Text (Artikel Jurnal)
View of TREND PENELITIAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR_ SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini menggunakan systematic literature reviewyang bertujuan untuk (1) mengidentifikasi topik penelitian, (2) subtema penelitian, (c) metode penelitian, dan (d) hasil penelitian menyangkut trend penelitian inklusif di sekolah dasar Indonesia. Penelitian ini dianalisis menggunakan model PRISMA yaitu menelusuri berbagai literatur yang memiliki tema yang memiliki kesamaan. Penelusuran artikel difokuskan pada database SINTA. Model PRISMA dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu identifikasi, seleksi, klasifikasi, dan inklusi. Dari tahapan tersebut 37 artikel yang dianalisis untuk memperoleh gambaran temuan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa tiga tema utama yangmenjadi trend penelitian inklusif di Indonesia adalah implementasi Pendidikan inklusif, kebijakan Pendidikan inklusif dan proses belajar mengajar dalam Pendidikan inklusif. Secara umum, analisis literature review menggambarkan bahwa penyelenggaraan Pendidikan inklusif berjalan sesuai dengan harapandimana sekolah sekolah umum sudah mulai menerima keberadaan anak disabilitas dalam satu momen pembelajaran, tidak ada diskriminasiterhadap mereka baik oleh guru maupun siswa itu sendiri. Walaupun demikian, peyelenggaran Pendidikan inklusif terkendala oleh minimnya sumber daya manusia yang expertdalam penanganan anak berkebituhan khusus, sehingga guru diharapkan dapat memperoleh pendampingan dan penguatan kompetensi dalam mendukung pembelajaran yang lebih baik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ystematic literature review; pendidikan inklusif; elementary school
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:47
Last Modified: 28 Sep 2022 07:47
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item