Nashuddin, Nashuddin (2021) Tantangan ilmu pendidikan islam: di era revolusi industri 4.0. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-317-269-1

[img] Text (Buku)
79. Ilmu Pendidikan Agama Islam ok.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Buku ini mendeskripsikan beberapa tema yang dianggap penting dalam substansi ilmu pendidikan Islam. Pendefinisan pendidikan dalam buku ini, walaupun kurang mendalam namun penulis mencoba menyajikan dengan menitikbertakan aspek substantif pendidikan Islam.. Pembahasan pada buku ini lebih mengarah pada beberapa komponent pendidikan, seperti konsep pendidikan, tujuan, pendidik (guru), kurikulum, metode, dan evaluasi pendidikan (khususnya pendidikan karakter). Penulis juga mengulas konsepsi manusia dan perkembangan era revolusi industri dari masa ke masa, serta gambaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Pendidikan menjadi ujung tombak dalam eksistensi dan perkembangan masyarakat yang dinamis dan fluktuatif, oleh karena pendidikan merupakan usaha melestarikan dan mengalihkan serta mentransformasikan nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspeknya dan jenisnya kepada generasi penerus. Demikian pula halnya dengan peranan pendidikan Islam di kalangan umat Islam merupakan salah satu bentuk manifestasi dari cita-cita hidup Islam untuk melestarikan, mengalihkan dan menanamkan nilai-nilai Islam tersebut kepada generasi penerusnya schingga nilai-nilai kultural-religius dapat tetap berfungsi dan berkembang dalam masyarakat. Pendidikan Islam pada khususnya bersumberkan nilai-nilai dalam menanamkan dan membentuk sikap hidup yang dijiwai oleh nilai-nilai agama Islam, juga mengembangkan kemampuan berilmu pengetahuan sejalan dengan nilai-nilai Islam yang melandasinya. Dalam hal ini, pendidikan Islam selain berisikan tentang sikap dan tingkah laku masyarakat menuju hidup perseorangan dan bersama, juga berisikan kemampuan dalam ilmu pengetahuan yang sejalan dengan nilai-nilai Islam yang menjadi dasarnya. Buku yang telah disusun terdiri atas 11 bab yaitu 1) Pendahuluan, 2) Konsep Dasar Pendidikan Islam, 3) Manusia dalam Sudut Pandang Islam, 4) Sistem Pendidikan Islam, 5) Kurikulum Pendidikan Islam, 6) Teknologi Pembelajaran Pendidikan Islam, 7) Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis IT, 8) Evaluasi Pendidikan Islam, 9) Pengembangan Ilmu Pendidikan Islam, 10) Keududukan Pendidikan Islam dan Sistem Pendidikan Nasional

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pendidikan islam; evaluasi pembelajaran; sisdiknas
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:22
Last Modified: 21 Dec 2022 07:22
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item