Kristayulita, Kristayulita (2017) Masalah analogi: kajian teoritik skema penalaran analogi. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), 1 (1). pp. 378-384. ISSN p-ISSN:2580-4596; e-ISSN: 2580-460X

[img] Text (Artikel)
Masalah Analogi_Kajian Teoritis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (348kB)
Official URL: http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMA...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Instrumen penalaran analogi yang menggunakan analogi klasik (analogi proposional) memberikan tiga posisi teori yaitu (1) penalar melakukan inferring, mapping, dan aplication; (2) penalar melakukan inferring, mapping tanpa aplication; dan (3) penalar melakukan inferring dan aplication tanpa mapping [21]. Ketiga teori yang dihasilkan diperoleh dari instrumen analogi klasikyang berbeda. Permasalahan analogi terdiri dari masalah sumber dan masalah target. Permasalahan analogi yang melibatkan masalah sumber dan masalah target ditemukan 3 skema penalaran analogi yaitu (1) skema penalaran analogi dengan langkah penyelesaian masalah sumber dan masalah target serupa; (2) skema penalaran analogi dengan menambahkan langkah penyelesaian masalah sumber dengan langkah baru pada masalah target; dan (3) skema penalaran analogi dengan langkah penyelesaian masalah sumber bagian dari penyelesaian masalah target. Berdasarkan tiga skema tersebut, memberikan 2 posisi teori penalaran analogi untuk instrumen penalaran analogi yang menggunakan permasalah analogi yaitu (1) penalar melakukan penstrukturan (inferring), pemetaan, penerapan, dan verifikasi; dan (2) penalar melakukan pemetaan dan penerapan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: masalah analogi; kajian teoritik; skema; penalaran analogi
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Dr. M.Si., Kristayulita Kristayulita
Date Deposited: 26 Apr 2021 07:17
Last Modified: 26 Apr 2021 07:17
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item