Thohri, Muhammad Pengembangan model bahan ajar bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa perguruan tinggi agama Islam. Project Report. UIN Mataram, Mataram.

[img] Text (Laporan Penelitian)
2_Laporan_Summary Disertasi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: htpps://uinmataram.ac.id

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Kehadiran Alumni Madrasah Saulatiyyah di bagian tengah Nusantara diterima secara luas dengan penciri transimisi Sunni vis a vis Wahabi, sejak di Makkah. Para alumni Saulatiyyah sebenarnya mengalami urbanpressure metropolitan Makkah namun ramah terhadap problem khilafiyah lintas pemikiran Islam. Alumni Saulatiyyah adalah Tuan Guru. Mereka berada di poros tengah Indonesia (Lombok) dalam bentangan Nusantara. Mereka konsisten bergerak mengabdi, mengajarkan faham sunni moderat melalui kegiatan edukasi sejak pra-kemerdekaan, lalu gerakan edukasi menjadi model utama gerakan dari generasi ke generasi. Arus besar pelajar Saulatiyyah sekitar 1985-an. Infiltrasi Saulatiyyah adalah gerakan revolusioner pelembagaan ajaran agama Islam dengan gaya kepemimpinan paternalistik-kolegial.Infiltrasi Saulatiyyah berupa taklim dan pendidikan formal. Pendidikan formal yang dibangun adalahmadrasah dan sekolah. Lombok dengan tuan guru Saulatiyyah bukan pendidikan Islam Jawa (tanpa pegon, tanpa utawi iku), melainkan pendidikan Saulatiyyah.Sanad keilmuan alumni Saulatiyyah adalah sanad ‘aly (langsung ke pusat Islam terutama Fiqh, Quran Hadits dan Qiraah). Produk pendidikan yang digiatkan alumni Saulatiyyah bukan sekolah Arab (pengantar bukan bahasa Arab, bukan pula pondok tahfiz).Saulatiyyah dan reflikanya adalah ortodoksisme Islam modernisme pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis, bahan ajar, Bahasa Indonesia, literasi, pengembangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200201 Indonesian Cultural Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Raden . Jie
Date Deposited: 16 Apr 2023 04:38
Last Modified: 16 Apr 2023 04:38
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item