Sobry, M. (2019) Metode dan model-model pembelajaran. Holistica, Lombok. ISBN 978 602 18045 44

[img] Text (Peer Review)
Peer Review.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (485kB)
[img] Text (Book)
Text.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Dewasa ini, pendidikan sangat diperlukan baik bagi anak-anak maupun bagi orang dewasa. Sebagian besar masyarakat menyadari pentingnya pendidikan dalam menata masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu setiap negara senantiasa berusaha meningkatkan mutu pendidikan, di samping bidang yang lain dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang bermutu dan kompetitif. Pendidikan yang bermutu sangat tergantung pada keberadaan guru yang bermutu. Keberadaan guru yang bermutu merupakan syarat mutlak hadirnya sistem dan praktik pendidikan yang bermutu. Berbicara mengenai guru, sesungguhnya mereka diharapkan menjadi masyarakat yang memiliki pe- ngetahuan luas dan pemahaman yang mendalam. Di samping penguasaan materi, guru juga dituntut memiliki keragaman metode dan model pembelajaran, karena tidak ada satu metode atau model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang beragam. Apabila konsep pembelajaran tersebut dipahami oleh para guru, maka upaya mendesain pembelajaran bukan menjadi beban, tetapi menjadi pekerjaan yang menantang. Menurut banyak penelitian, bahwa masih sedikit pendidik yang berupaya mencari metode pembelajaran secara meyakinkan, yang dapat menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi yang disampaikan oleh guru. Akibatnya, proses pembelajaran yang dilaksanakan belum sepenuhnya mencapai tujuan. Dan sebagian besar guru masih menggunakan komunikasi searah/guru sebagai pusat pembelajaran. Hadirnya buku “Metode dan Model-model Pembelajaran” ini merupakan suatu masukan, dan bahan pertimbangan yang penting dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Pokok-pokok pikiran yang tertulis dalam buku ini adalah sebagai ajakan kepada pihak- pihak yang langsung atau tidak langsung terlibat dalam proses pembelajaran, guna untuk menjadikan proses pembelajaran lebih “Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan”. Semoga buku ini dapat memberikan sumbangan untuk ikut serta membantu meningkatkan mutu pendidikan yang kita cita-citakan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: metode dan model-model pembelajaran; kriteria judul; komposisi judul
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr. M. Sobry., M.Pd.
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:54
Last Modified: 21 Jan 2022 01:28
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item