Andriani, Parhaini and kumalasari, Hesi (2022) Analisis kreativitas guru matematika dalam mendesain pembelajaran di masa pandemi covid-19. Journal of Math Tadris (jMt), 2 (1). pp. 35-57. ISSN e: 2776-0316, p: 2776-1533

[img] Text (Artikel Jurnal)
2022-Analisis kreativitas guru matematika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (811kB)
[img] Text (Plagiarism Check (Turnitin))
Uji Plagiasi-Analisis kreativitas guru.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://jurnal.jurmat.com/index.php/jmt/article/vi...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas guru matematika dalam mendesain pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang menganalisis kreativitas guru matematika dalam mendesain pembelajaran di masa pandemi covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VII, VIII dan IX SMPN 5 Sekotong. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah ahwa kreativitas guru matematika dalam mendesain pembelajaran dapat dilihat dari kegiatan masing-masing guru selama proses mendesain pembelajaran tersebut. Dimana ada hal-hal tertentu yang pada saat pendesainan (perancangan) pembelajaran di masa pandemi ini dilakukan sedikit modifikasi oleh guru yaitu dalam penentuan indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang tidak membebani siswa, guru lebih ditekankan pada pembangunan karakter siswa, termasuk membangun motivasi siswa untuk belajar di sekolah. Alokasi waktu juga dipersingkat karena siswa yang masuk ke sekolah, dibagi menjadi beberapa sesi, agar siswa dapat menjaga jarak selama belajara di kelas dan tidak menimbulkan kerumunan di lingkungan sekolah. Guru memilih menggunakaan metode diskusi dan tanya jawab dimana metode diskusi dan tanya jawab ini dilakukan secara online dengan menggunakan WA Group. Hal ini menjadi solusi untuk siswa tetap aktif dalam pembelajaran dan mematuhi protokol Kesehatan. ENGLISH The purpose of this study was to describe the creativity of mathematics teachers in designing learning during the covid-19 pandemic. This research is a qualitative research with the type of case study research that analyzes the creativity of mathematics teachers in designing learning during the covid-19 pandemic. The subjects in this study were mathematics teachers in grades VII, VIII and IX at SMPN 5 Sekotong. The instruments used in this study were interview guidelines and documentation. Data analysis used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are that the creativity of mathematics teachers in designing learning can be seen from the activities of each teacher during the process of designing the lesson. Where there are certain things that at the time of designing (designing) learning during this pandemic, the teacher made slight modifications, namely in determining competency achievement indicators (GPA) that did not burden students, the teacher emphasized more on student character building, including building student motivation to studying in school. The time allocation is also shortened because students who enter the school are divided into several sessions, so that students can keep their distance while studying in class and not cause crowds in the school environment. The teacher chooses to use the discussion and question and answer method where the discussion and question and answer method is carried out online using the WA Group. This is a solution for students to stay active in learning and comply with Health protocols.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: desain pembelajaran; kreativitas guru; pembelajaran di masa pandemi covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Dr., M.Pd. Parhaini Andriani
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:16
Last Modified: 30 May 2023 03:46
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item