Wahid, Abdul (2020) Pendidikan multikultural dalam perspektif cultural studies. In: Pendidikan multikultural dalam bingkai horizon keilmuan UIN Mataram. Sanabil, Mataram, pp. 116-147. ISBN 623-317-053-6
![]() |
Text (Book Section)
ABDUL WAHID-buku PENDIDIKAN MULTIKULTURAL-1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (534kB) |
![]() |
Text (Peer Review)
review pdd multikultural.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (408kB) |
Abstract
INDONESIA Pluralitas alias kemultian adalah realitas yang tidak dapat dielakkan dalam kehidupan manusia. Ia, sebagaimana diurai dalam sub kedua tulisan ini, memang dikehendaki sendiri oleh Tuhan. Dengan kemahakuasaan-Nya, Tuhan bisa saja menciptakan keseragaman dalam segala aspek kehidupan, tetapi itu tidak Dia dilakukan. Hal itu, menurut saya, setidaknya mengandung dua makna, yaitu: (a) penghayatan ketuhanan dapat digali dari dan diperkaya melalui penghayatan terhadap pluralitas, termasuk kemultibudayaan; (b) mengafirmasi pluralitas adalah keniscayaan dan bagian dari keimanan kepada Tuhan; menegasikan pluralitas berarti menegasikan Tuhan, dan melawannya berarti melawan kehendak Tuhan, sehingga pasti akan gagal. Saya mengapresiasi dan mengafirmasi multikulturalisme dan pluralisme budaya adalah dalam kerangka artikulasi dua makna tersebut. Pencitarasaan multikulturalisme dalam pendidikan Islam dalam konteks Indonesia, menurut saya, tidak semata-mata absah secara teologis doktrinal tetapi juga merupakan kemestian sosial, budaya, dan politik. Oleh karena itu implementasinya dalam berbagai aspek pendidikan Islam harus dilakukan dengan cermat dan cerdas mulai dari lingkup input, process, output hingga ke outcome-nya. Aspek-aspek yang dielaborasi dalam tulisan ini—yaitu aspek kurikulum dan materi, tujuan, metode dan pendekatan, dan lingkungan—hanya menyentuh lingkup input saja. Diperlukan usaha sistematis untuk merancang implementasi multikulturalisme dalam praktek (process) pendidikan Islam, dan evaluasi kritis terhadap output dan outcome-nya.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan multikultural; epistemologis, yurudis Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Sosiologi Agama |
Depositing User: | mrs Nuraeni S.IPi |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 07:35 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 05:11 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |