Sobry, M. and Mahsul, Alwan (2015) Persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen dalam penciptaan suasana belajar yang kondusif di Jurusan PGMI FITK IAIN Mataram. In: Antologi hasil penelitian manajemen kelembagaan dan pembelajaran dalam praktis pendidikan Islam. Pusat Peneltian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram, Mataram, pp. 65-84. ISBN 978-602-72451-7-4

[img] Text (Book Section)
M. Sobry 65-84_Compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (682kB)

Abstract

INDONESIA Pendidikan merupakan aspek terpenting untuk dimiliki oleh setiap umat manusia. Pendidikan bagi manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa adanya pendidikan manusia akan mengalami kesulitan untuk berkembang lebih maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidupnya. Bahkan maju mundurnya negara tergantung dari maju mundurnya pendidikan di negara tersebut. Pemerintah Indonesia telah banyak melakukan pembenahan dalam bidang pendidikan seperti penyelenggaraan pendidikan nasional yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan perkembangan masyarakat pada masing-masing daerah dan kebutuhan masyarakat. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka fungsi dan peranan sekolah, guru, siswa maupun masyarakat serta pihak pihak terkait hendaknya benar-benar difungsikan dengan baik sehingga mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dapat berhasil dengan baik sesuai dengan harapan. Masalah pendidikan yang utama di Indonesia adalah sangat rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan termasuk di Perguruan Tinggi. Setelah dilakukan usaha perbaikan dalam pendidikan semakin disadari bahwa masih banyak kekurangan–kekurangan yang mendasar, salah satu kekurangan tersebut adalah terletak pada inti kegiatan pendidikan itu sendiri yaitu pada proses membelajarkan yang melibatkan anak didik dan pendidik (Semiawan, 1992). Proses pembelajaran pada intinya tertumpu pada suatu persoalan yaitu bagaimana guru/dosen mengorganisasikan proses pembelajaran sehingga terciptanya suasana belajar yang kondusif di dalam kelas agar lebih efektif untuk mencapai hasil sesuai dengan tujuan. Hasil ini menuntut pendidik untuk lebih memiliki strategi pembelajaran yang sesuai dengan meteri pelajaran yang akan disajikan kepada peserta didik. Berdasarkan pengalaman empirik peneliti bahwa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan dan Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Mataram khususnya Jurusan S1 PGMI banyak mahasiswa yang merasa tidak puas dalam intraksi belajar mengajar dalam kelas, kenyataan ini tentu tidak sesuai dengan yang kita harapkan, oleh karena itu perlu kiranya diketahui hal-hal yang menyebabkan ketidakpuasan mahasiswa tersebut dalam hal ini peneliti mengambil hal yang paling substansial yaitu kemampuan dosen dalam penciptaan suasana belajar yang kondusif. Penelitian ini merupakan salah satu usaha untuk mengetahui tentang bagaimana tanggapan mahasiswa S1 Jurusan PGMI terhadap kemampuan dosen dalam penciptakan suasana belajar yang kondusif. Berdasarkan hasil pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa: Tanggapan mahasiswa jurusan PGMI terhadap kemampuan dosen dalam penciptaan suasana belajar yang kondusif di jurusan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram semester genap tahun akademik 2012/2013 baik dalam pelaksanaannya. Hal ini dibuktikan dari analisis data yang telah dilakukan dan diperoleh hasil yaitu 88,89%. Sehingga dalam Penilaian Acuan Patokan (PAP) ini termasuk dalam kategori 80% - 89% = Baik. Jadi bisa dikatakan bahwa dosen di jurusan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram baik dalam menciptakan suasana belajar yang koondusif.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: dosen; belajar; mahasiswa; bahan ajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 08 Feb 2022 00:43
Last Modified: 08 Feb 2022 00:43
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item