Hidayati, Dahlia (2017) Peningkatan kualitas madrasah melalui sosialisasi regulasi akreditasi sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jannah NW Ampenan Kota Mataram. Transformasi, 13 (2). pp. 219-226. ISSN (p) 1858-3571 dan (e) 2580-9628

[img] Text (Artikel Jurnal)
Peningkatan Kualitas Madrasah melalui Sosialisasi Regulasi AkreditasiSekolah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jannah NW Ampenan Kota Mataram.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (241kB)

Abstract

INDONESIA Pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk Berangkat dari kerangka berpikir diatas maka pengabdian dengan tujuan peningkatan kualitas madrasah dengan sosialisasi akreditasi menjadi sangat bermakna, mengingat sasaran pengabdian adalah madrasah ibtidaiyah swasta yang berada diwilayah marjinal kota Mataram. Pelatihan ini akan menggunakan pendekatan pelatihan active learning dimana pembicara hanya merupakan fasilitator dan lebih mengeksplorasi capabilitas audience yang terdiri dari Kepala sekolah, guru dan Tata Usaha sekolah dan melaksanakan rencana tidak lanjut dengan memberikan pemdampingan dan bimbingan teknis sampai dokumen akreditasi dikirim untuk dinilai. Program pelatihan dalam berjalan sesuai rencana, sehingga peserta dapat melihat langsung di LCD dari mempraktekan yang disampaikan oleh narasumber. Para peserta sangat antusias dan senang dalam mengikuti pelatihan. Para peserta mendapatkan tambahan wawasan dan lebih mempersiapkan diri untuk akreditasi madrasah. Rencana tindak lanjut dari kegiatan pengabdian ini memberikan pendampingan selama 2 minggu setelah kegiatan UAS ganjil 2016/2017 sampai pengisian perangkat akreditasi lengkap dan siap dikirim ke badan akreditasi sekolah untuk diberikan penilaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: akreditas sekolah; madrasah ibtidaiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Raden . Jie
Date Deposited: 31 May 2022 06:54
Last Modified: 10 Jun 2022 03:15
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item