Satriawan, Lalu Agus and Kurniawaty, Rika (2015) Penguatan kapabilitas metode mengajar guru melalui pelatihan metode hypnoteaching bagi guru-guru Madrasah Aliyah At-Tahdzib Kekait Lombok Barat. Project Report. LP2M IAIN Mataram, Mataram. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Pelaksanaan Program Madrasah Binaan)
Penguatan Kapabilitas Metode Mengajar Guru.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (514kB)

Abstract

Pada lembaga pendidikan peserta didik yang lebih sering diajarkan dengan metode ceramah dan mencatat. Sehingga saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik akan merasa jenuh. Hal inilah yang menyebabkan peserta didik tidak memperhatikan ketika guru mengajar. Mereka lebih sering mengobrol dengan temannya daripada memperhatikan penjelasan gurunya. Keinginan untuk belajarpun menjadi tidak ada karena metode yang digunakan guru membuat peserta didik bosan, sekalipun peserta didik mempuyai motivasi untuk belajar juga akan bosan dan kurang bersemangat mengikuti pelajaran. Metode yang selalu sama atau sering digunakan tanpa ada kreatifitas dari guru tidak akan bisa menumbuhkan motivasi dalam diri peserta didik. Padahal apabila pengajar dan para guru memahami cara berkomunikasi dengan bawah sadar siswa, tentu akan membantu dalam proses belajar mengajar. Salah satu metode komunikasi yang digunakan dan cukup populer saat ini adalah teknik hipnosis. Hipnosis merupakan seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang dengan mengubah tingkat kesadarannya. Hipnosis tidak hanya berguna untuk mengatasi permasalahan yang menyangkut kondisi fisik maupun psikis, melainkan juga dapat digunakan dalam upaya mengoptimalkan proses pembelajaran. Kondisi seperti ini sering terlihat dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah At-Tahzib, diman guru masih bersifat dominan terhadap peserta didik mereka, kurang kreatifitas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran mereka, cenderung monoton dalam penyampaian materi pelajaran. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya metode pembelajaran yang dapat mengatur kepada tercapainya tujuan pembelajaran dalam sebuah proses kegiatan belajar mengajar, yang salah satunya adalah metode hypnoteaching. Hypnoteaching adalah perpaduan pengajaran yang melibatkan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Menurut Ibnu Hajar dalam Enriko, Hypnoteaching merupakan gabungan dari lima metode belajarmengajar, yaitu quantum learning, accelerate learning, power teaching, Neuro Linguistic Programming (NLP),9 dan hypnosis. Jadi bisa dikatakan hypnoteaching merupakan metode yang menggunakan hypnosis dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hypnosis dapat dijadikan alternatif pemecahan masalah yang tepat, karena dalam keadaan hypnosis seseorang berada pada kondisi relaks, fokus, atau konsentrasi, yang menjadi ciri khas dari kondisi tersebut adalah sensor-sensor panca indra manusia menjadi jauh lebih aktif. Prinsip inilah yang selanjutnya dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar sehingga pencapaian hasil belajar bisa optimal. Dalam proses pembelajaran yang menggunakan metode hypnoteaching seorang pendidik menggunakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami peserta didik sehingga mampu menumbuhkan dan memberikan motivasi peserta didik, selain itu bisa menimbulkan ketertarikan pada peserta didik itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: hypnosis; hypnoteaching; pembelajaran; workshop hypnoteaching
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: Rika Kurniawaty M.Hum
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:16
Last Modified: 12 Apr 2023 03:16
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item