Andriani, Parhaini (2022) Self-regulated learning mahasiswa pada perkuliahan daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 5 (2). pp. 71-82. ISSN p-2622-4763, e-2622-2159

[img] Text (Article)
2022-Jartika-Parhaini&Hurniati (2022).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Plagiarism Check (Turnitin))
Uji Plagiasi Self-regulated learning.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/ar...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Self-Regulated Learning (SRL) merupakan kemampuan seseorang untuk merencanakan, memantau, mengontrol dan mengevaluasi proses belajarnya secara mandiri untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan melalui strategi kognitif, motivasional dan behavioral. Pada pembelajaran masa pandemi tentunya membutuhkan kemampuan ini. Oleh karena itu dalam artikel ini dideskripsikan SRL mahasiswa selama melaksanakan perkuliahan daring pada masa pandemi Covid19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis survey. Sebanyak 93 orang mahasiswa Tadris Matematika UIN Mataram dijadikan sebagai responden p enelitian. Instrumen yang digunakan diadaptasi dari Online Self-Regulated Learning Questionnaire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki self-regulated learning yang berkategori baik pada keenam aspek self regulated learning, yaitu 65% pada aspek goal setting, 78% pada aspek environment setting, 62% pada aspek task strategy, 71% pada aspek time management, 40% pada aspek help seeking dan 67% pada self evaluation. Temuan ini tentunya dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk mendesain perkuliahan daring yang lebih efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self regulated learning, kemandirian belajar, perkuliahan daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Dr., M.Pd. Parhaini Andriani
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:12
Last Modified: 30 May 2023 03:41
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item View Item