Hakim, Lukman and Irrubai, Mohammad Liwa (2023) Manajemen mutu pendidikan berbasis teknologi informasi manajemen mutu pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi ada MTS Negeri 2 Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9 (3). pp. 2182-2193. ISSN P-ISSN: 2442-9511; E-ISSN: 2656-5862

[img] Text (Artikel Jurnal)
2023 Agustus Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi 5898-23999-1-PB.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (355kB)
[img] Text (SK Akreditasi Jurnal)
SK Sinta 6 Jurnal Ilmiah Mandala Education Hal 178 No. 53 Salinan 79_E_KPT_2023.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/a...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Madrasah merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistim pendidikan Nasional. Salah satu persoalan yang dihadapi oleh madrasah adalah terkait manajemen mutu pendidikan. MTSN 2 Lombok Tengah adalah sebuah lembaga yang dijadikan obyek penelitian terkait manajemen mutu pendidikan berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif . Rancangan penelitian menggunakan studi kasus yang dilakukan di MTSN 2 Lombok Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui member check, dan diskusi dengan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Manajemen Mutu pendidikan di MTSN 2 Lombok Tengah mengacu pada Kurikulum Nasional dengan memiliki sumber daya manusia pendidik dan Tenaga Kependidikan yang memiliki kompotensi sumber daya manusia yang profesional dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada MTSN 2 Lombok Tengah. (2) Pembelajarandengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasimemberikan hal yang sangat baik, terutama dalam hal pemanfaatan pembelajaranlebih praktis, pemanfaatan waktu lebih optimal dan pemanfaatan materi lebihmudah dan bervariasi. Sehingga peserta didik sangat antusias dalam prosespembelajaran. Kedua pemanfaatan media teknologi informasi memberikan dampakpositif terhadap proses pembelajaran peserta didik dalam meningkatkan minatbelajar dalam proses pembelajaran. Selain menyenangkan juga dapatmembangkitkan motivasi, semangat dalam mengikuti pembelajaran di Madrasah. (3). Pelaksanaan pembelajaran di MTSN 2 Lombok Tengah mengacu pada kurikulum nasional di mulai melakukan perencanaan dan pembentukan Tim Pengembang Kurikulum, perumusan kerangka dasar kurikulum berdasarkan landasan filosofis, yuridis dan teoritis, penyusunan struktur kurikulum dan standar kompetensi berdasarkan Kurikulum Nasional. ENGLISH Madrasah is one of the most important components of the national education system. One of the issues face by Madrasash is related to the quality management of educational. MTSN 2 Central Lombok is an institution that is the subject of research on quality management of educational baset on ICT. This research utilizes a qualitative-descriptive method. The research design employs a case study conducted at MTSN 2 Central Lombok. Data collection is carried out through interview, observation, and documentation. Data analysis employs data analysis techniques. Data validity is ensured through member checks, and discussions with pers.Based on the research findings. It is indicated that: (1) Quality Management of education at MTSN 2 Central Lombok refers to the National Curriculum, with teaching and non teaching human resources posesing professional competencies in implementing learning activities at MTSN 2 Central Lombok. (2) Learning using information based instructional media provides significan advantages, particularly in terms of practical, optimal time utilization, and easer and variety of material utilization. As a resurt, students are higly and enthusiastic about the learning process. The utilization use of information technology media has a positive impact on students learning process by enhancing their interest in learning. Moreover, it not only profedes onjoyment but also stimulates motivation and enthusiasm in participating in Madrasah’s learning activities. (3). The implementation of learning at MTSN 2 Central Lombok adheres to the national curriculum, starting from planning and the formation of the Curriculum Development Team, formulating the basic curriculum framework based on philosophical, juridical and theoretical foundations, and preparing curriculum structures and competency standards based on the National Curriculum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Quality, Education Information, Technology, Communication
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr. Lukman Hakim
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:29
Last Modified: 14 Aug 2024 07:29
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3707

Actions (login required)

View Item View Item