Emawati, Emawati (2019) Potret & tren baru pendidikan islam di era globalisasi. CV Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-7090-72-4
![]() |
Text (Buku)
Potret dan Tren Pendidikan Islam_compressed.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (953kB) |
Abstract
Perkembangan pesat sekolah Islam terpadu pasca reformasi secara nasional menjadi fenomena menarik di Indonesia. Fenomena serupa terjadi di Kota Mataram Lombok. Di kota ini sekolah Islam terpadu yang banyak didirikan adalah pada level SD. Dua SDIT yang eksis di kota ini adalah SDIT Anak Sholeh Mataram dan SDIT Abu Hurairah Mataram. Masyarakat kota ini menyambut positif dan antusias terhadap dua sekolah tersebut. Terkait identitas ―Islam Terpadu‖ yang disandang kedua SD tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam dengan menggunakan pendekatan yang komprehensif, yakni pendekatan sistem. Pendekatan sistem sangat urgen digunakan sebagai worldview untuk melihat persoalan pendidikan Islam dalam tataran teoritik maupun praktik khususnya kaitan dengan konsep integrasi dan Islamisasi ilmu pengetahuan sebagai isu sentralnya. Pendekatan sistem digunakan sebagai conceptual framework dalam menyusun formulasi konsep pendidikan Islam terpadu dan menganalisis praktiknya di sekolah Islam terpadu. Konsep dan praktik pendidikan Islam terpadu SDIT Anak Sholeh ditinjau dari pespektif sistem dikatakan sebagai ― Sistem Pendidikan Islam Semi-Integratif‖, sedangkan konsep dan praktik pendidikan di SDIT Abu Hurairah disebut dengan ―Sistem Pendidikan Islam Pseudo-Integratif.‖ Namun demikian, upaya interaksi-adaptasi kedua sekolah dengan lingkungan justru menjadi ciri khas dan daya tarik kedua sekolah secara distingtif. Kedua sekolah menggunakan nama Islam Terpadu masih pada batas sebagai brand pendidikan Islam, ke depan perlu ada langkah-langkah integrasi yang lebih serius untuk semua SIT dan semua lembaga pendidikan Islam.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | potret, trend, pendidikan islam terpadu, era globalisasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dr. M.Ag Emawati Emawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 06:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 06:21 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |