Kristayulita, Kristayulita and Sucipto, Lalu (2021) Proses berpikir analogi indirect (studi kasus pada matakuliah persamaan diferensial/kalkulus integral). Project Report. UIN Mataram, Mataram. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Hasil Penelitian)
Proses Berpikir Analogi Indirect (Studi Kasus pada Matakuliah Persamaan Diferensial_Kalkulus Integral)..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (HKI)
HKI.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masalah analogi indirect merupakan masalah sumber dan masalah target yang tidak memiliki hubungan langsung baik dalam kesamaan secara konseptual maupun prosedural. Penyelesaian masalah analogi indirect diperlukan proses kognisi yang lebih rumit daripada penyelesaian masalah analogi direct. Siswa dapat berpikir analogi dalam menyelesaikan masalah analogi indirect. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses terjadinya berpikir analogi siswa dalam menyelesaikan masalah analogi indirect. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Tadris Matematika semester III dan V Tahun Akademik 2020/2021. Mahasiswa dibagi dalam tiga kategori yaitu mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah, sedang, dan tinggi pada matakuliah Persamaan diferensial untuk mahasiswa semester V dan matakuliah Kalkulus Integral semester III. Siswa yang berpikir analogi sebanyak 71 maahsiswa dari 97 mahasiswa yang menjawab benar masalah sumber dan masalah target. Mahasiswa diberikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap menggunakan instrumen bantu yaitu masalah analogi indirect dan wawancara. Pada tahap pertama, mahasiswa menyelesaikan masalah analogi indirect sambil mengeraskan suara (think aloud). Pada tahap kedua, wawancara berbasis tugas untuk mendalami proses berpikir analogi siswa dalam menyelesaikan masalah analogi indirect. Pada tahap ketiga, mahasiswa dipilah berdasarkan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Data yang telah diperoleh tersebut dianalisis dengan tahapan mentranskrip data, mereduksi data, kategorisasi data, menggambar struktur berpikir, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah mampu menyelesaikan masalah analogi indirect dengan melalui tahapan penalaran analogi indirect tanpa ada proses pemetaan antara masalah target ke masalah sumber, mahasiswa yang memiliki kemampuan sedang mampu menyelesaikan masalah analogi indirect dengan melalui tahapan penalaran analogi indirect dengan ada proses pemetaan antara masalah target ke masalah sumber yang kurang jelas, mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi mampu menyelesaikan masalah analogi indirect dengan melalui tahapan penalaran analogi indirect dengan ada proses pemetaan antara masalah target ke masalah sumber yang jelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: berpikir analogi; masalah analogi indirect, integral tak tentu
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Dr. M.Si., Kristayulita Kristayulita
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:36
Last Modified: 07 Nov 2022 02:32
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item