Mulabbiyah, Mulabbiyah (2007) Evaluasi pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi pada SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 9 (1). pp. 74-88. ISSN 2338-6061 (Online) 2685-7111 (Print)

[img] Text (Artikel Jurnal)
2007_Jurnal HEPI_Evaluasi Pelaksanaan KBK Pada SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (991kB)
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/v...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan KBK di SMAN di Kabupaten Lombok Timur, khususnya terkait dengan: (1) kesiapan kepala sekolah, (2) kesiapan guru, (3) kesiapan sarana dan prasarana, (4) perencanaan pembelajaran, (5) pelaksanaan pembelajaran, (6) pelaksanaan penilaian, 7) pelaksanaan remedial dan pengayaan, (8) hasil belajar siswa, (9) pendapat guru dan siswa tentang pelaksanaan KBK di sekolah, dan (10) kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan didukung pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi formatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SMAN 1 Selong dan SMAN 1 Masbagik. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepala sekolah dan guru di kedua sekolah tersebut belum sepenuhnya siap melaksanakan KBK; (2) sarana dan prasarana di SMAN Selong sudah cukup memadai sedangkan di SMAN 1 Masbagik masih kurang; (3) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di kedua sekolah tersebut tergolong cukup baik; (4) pelaksanaan penilaian di SMAN 1 Selong sudah sangat baik dan di S:MAN 1 Masbagik tergolong baik; (5) pelaksanaan program remedial dan pengayaan di kedua sekolah tersebut masih tergolong kurang baik; (6) hasil belajar siswa di kedua sekolah terse but hampir semua sudah mencapai standar kemampuan belajar minimal (SKBM), 7) guru-guru di kedua sekolah tersebut masih ragu-ragu, sedangkan siswa-siswa di kedua sekolah tersebut setuju dengan pelaksanaan KBKdi sekolah; dan (9) kendala yang dihadapi kedua sekolah tersebut adalah jumlah rombongan belajar yang besar dan rendahnya partisipasi orang tua siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Mulabbiyah .
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:52
Last Modified: 14 Jan 2022 06:52
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item