Muhammad, Muhammad (2020) Pembelajaran SKI di madrasah: kiat praktis desain instruksional. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-7881-78-0

[img] Text (Buku)
ISBN_9786237881780_Pemb SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (855kB)

Abstract

Penulisan buku ini merupakan ikhtiar kecil dari penulis dengan tujuan sebagai guide dalam proses Pembelajaran SKI Madrasah bagi mahasiswa fakultas tabiyah khususnya di program studi PAI. Oleh karena itu, buku ini disusun berdasarkan kepada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan waktu tempuhan 14 kali pertemuan. Adapun tema-tema pokok yang dibahas dikemas dalam 10 bab, yaitu: pertama, anatomi pembelajaran SKI di Madrasah yang membahas pengertian, fokus dan skup, karakteristik pelajaran SKI serta implikasinya dalam pembelajaran. Kedua, Linieritas SKL KI KD SKI di Madrasah. Liniearitas dalam kajian ini merupakan jaminan akurasi pembelajaran. Pembahasan ini fokus pada dua hal, yaitu apa dan bagaimanakah analisis lineritas SKL, KI, KD. Ketiga, pengembangkan IPK yang merupakan titik awal perencanaan pembelajaran SKI, ini membahas pengertian IPK, fungsi IPK, prinsip dan tahapan merumuskan IPK. Keempat, menetapkan tujuan pembelajaran SKI. Bab ini membahas pengertian, fungsi, dimensi tujuan pembelajaran, persamaan dan perbedaannya dengan IPK, serta cara merumuskan tujuan pembelajaran. Kelima, analisis materi dan pengembangan bahan ajar. Bahasan ini terkait dengan prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar, langkah dan penentuan urutan bahan ajar yang tepat seta pengembangannya. Keenam, model, pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran SKI. Ketujuh, pendekatan saintifik dalam pembelajaran SKI. Pembelajaran yang memuat kontekstualisasi pembelajaran SKI, pendekatan saintifik, dan pencapaian HOTS dalam pembelajaran SKI. Kedelapan, terampil merancang RPP yang terdiri dari sub bahasan: pengertian, sistematika dan format RPP, serta pedoman teknis dalam penyusunan RPP. Kesembilan, memahami keterampilan mengajar esensial yang mencakup 8 keterampilan mengajar yang subtantif dan mendasar yang harus dimiliki oleh guru. Sembilan bahasan di atas kemudian ditutup dengan tema bab pemungkas, terampil membelajarkan SKI. Pembahasan ini masuk kepada domain microteaching SKI Madrasah.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; ski; madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad .
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:27
Last Modified: 24 May 2023 02:58
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item