Kusaeri, Al (2021) Dinamika pembelajaran matematika berbasis budaya sasak. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 4 (2). pp. 58-70. ISSN ISSN 2622-7673 (Online),ISSN 2622-8246 (Cetak)

[img] Text (Artikel)
Dinamika pembelajaran matematika berbasis budaya sasak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (659kB)
[img] Text (Peer Review)
Jurnal Dinamika pembelajaran Etno.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (143kB)
Official URL: http://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/articl...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Etnomatematika budaya Sasak merupakan pembelajaran matematika yang dilakukan dengan dan melalui produk budaya Sasak. Penelitian ini bertujuan menganalisis permasalahan yang muncul ketika proses pembelajaran matematika berbasis budaya Sasak berlangsung di SDN/MI Kelas 4 Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Data Penelitian didapatkan melalui proses mengamati aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan selama 5 (lima) kali pertemuan dengan menggunakan pedoman observasi dan tes. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) prinsip pelaksanaan sangkep dijadikan sebagai prinsip pembelajaran, 2) produk budaya berupa alat kesenian, hasil kerajian, desain rumah adat, dan artefak sebagai media pembelajaran, 3) secara umum dilihat dari aspek keterlaksanaan komponen pembelajaran, aktivitas belajar siswa, tanggapan siswa, dan hasil belajar pembelajaran matematika berbasis budaya Sasak terlaksana dengan baik, dan 4) disparitas kondisi dan suasana belajar terletak pada aktivitas penyelesain masalah dan proses matematisasi dari objek matematika menuju bentuk matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: etnomathematics; mathematic learning; sasac culture
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130104 Sasak, Samawa, Mbojo Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130206 Sasak,Samawa, and Mbojo Language Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 27 Jan 2022 05:23
Last Modified: 27 Jan 2022 05:28
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item