Suhirman, Suhirman (2020) Riset pendidikan: pendekatan teoritis & praktis. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-7881-77-3

[img] Text (Buku)
12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review riset pendidikan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (713kB)

Abstract

Riset pendidikan: pendekatan teoritis & praktis Penelitian (research) dapat diartikan sebagai upaya pencarian (inguiry) yang dilakukan secara sistematik dan terorganisasi melalui metode ilmiah untuk menjawab permasalahan melalui kegiatan pengukuran hingga mengeneralisasikan hasil penelitian berdasarkan data. Sedangkan penelitian pendidikan sebagai proses yang sistematis untuk memperoleh pengetahuan (to discover knowledge) dan pemecahan masalah (problem solving) yang berkaitan dengan aspek-aspek pendidikan melalui pengumpulan dan analisis data, menyusun rumusan generalisasi berdasarkan penafsiran data hingga menarik kesimpulan. Metode ilmiah merupakan metode yang menggunakan prinsipprinsip science, yaitu sistematis, empiris dan objektif. Suatu metode penelitian memiliki tahapan-tahapan dan prosedur yang harus ditempuh dalam melaksanakan penelitian dan dilakukan secara sadar. Berikut tahapan-tahapan dan prosedur dalam metode ilmiah sebagai berikut: 1. Mengidentifikasi dan Merumuskan Masalah Sebagaimana halnya dalam metode ilmiah, kegiatan penelitian ilmiah selalu memulai dari ditemukannya problem atau permasalahan yang ingin pecahkan. Untuk dapat merumuskan permasalahan dengan tepat dan benar, maka terlebih dahulu perlu dilakukan identifikasi masalah tersebut. Mengidentifikasi masalah adalah mencari masalah yang paling relevan dan menarik untuk diteliti. Proses identifikasi masalah penting dilakukan agar rumusan masalah menjadi tajam dan fokus serta dapat dipecahkan melalui penelitian. Identifikasi masalah dijabarkan berdasarkan latar belakang masalah, fakta dan data yang peroleh di lapangan. Perumusan masalah merupakan tahapan dan langkah penting dalam rangkaian penelitian yang mengawali sebuah kerja ilmiah. Masalah sering didefinisikan sebagai sebuah kesenjangan atau gap antara teori dan praktik atau antara harapan dan kenyataan (dassolen dassein) yang memerlukan penyelesaian masalah atau solusi. Pada umumnya rumus masalah dirumuskan dengan menggunakan kalimat pertanyaan. Penggunaan kalimat pertanyaan pada prinsipnya untuk memudahkan para peneliti dalam mengumpulkan data, menganalisis sekaligus menyimpulkan. Beberapa prinsip yang perlu mendapat perhatian dalam menyusun rumusan masalah, antara lain: a. Rumusan masalah hendaknya disusun dan dinyatakan dalam kalimat pertanyaan. b. Rumusan masalah disusun secara singkat, padat, jelas dan mudah dipahami. Rumusan masalah yang terlalu panjang agak sulit dipahami dan cenderung menimbulkan interpretasi ganda bahkan menyimpang dari pokok permasalahan. c. Rumusan masalah hendaknya berupa masalah yang memungkinkan untuk dapat dipecahkan secara ilmiah. d. Rumusan masalah menempatkan hubungan antar variabel yang hendak diukur. 2. Studi Pendahuluan Di dalam penelitian ilmiah, kegiatan lain yang penting dilakukan adalah melakukan studi pendahuluan melalui penelusuran berbagai literatur, pustaka bahkan jurnal-jurnal ilmiah yang memuat berbagai hasil-hasil riset sebelumnya untuk bahan penyusun landasan teori yang dibutuhkan untuk menyusun hipotesis maupun pembahasan hasil penelitian. Salah satu indikator kualitas penelitian adalah penggunaan landasan teori yang ter up date dan relevan. Banyak teori yang bersesuaian dengan penelitian, namun ternyata kurang relevan. Oleh karenanya, perlu dilakukan usaha menyeleksi dan memilih teori-teori yang relevan. Selain itu studi pendahuluan yang dilakukan peneliti melalui pengkajian literatur dan hasil riset terdahulu dijadikan sebagai kompas agar penelitian lebih fokus pada masalah yang diteliti sehingga memudahkan identifikasi dan penentuan data yang diperlukan. 3. Merumuskan Hipotesis Hipotesis merupakan jawaban tentatif atau dugaan yang bersifat sementara yang dijadikan sebagai jawaban terhadap pertanyaan penelitian atau rumusan masalah. Hipotesis penelitian memerlukan pembuktian berdasarkan data yang dikumpulkan dan dianalisis. Jawaban tersebut memang masih meragukan dan hanya sementara, namun berdasarkan dugaan atau jawaban tersebut proses penelitian menjadi lebih terarah sehingga memudahkan untuk mengumpulkan data dan menemukan jawaban yang sebenarnya. Hipotesis yang disusun oleh para peneliti mungkin saja keliru atau salah, sebab masih berupa dugaan dan bersifat sementara. Namun, berbagai treatmen melalui eksperimen dan percobaan yang dilakukan peneliti, maka peneliti dapat menguji kebenaran hipotesis tersebut. Dalam penelitian kuantitatif dan juga berfikir ilmiah kedudukan hipotesis sangatlah penting untuk mengarahkan proses penelitian selanjutnya. Oleh karena itu, dalam merumuskan hipotesis hendaknya dilakukan secara benar dan jelas, agar jalannya penelitian ilmiah menjadi lebih fokus dalam mengungkapkan dan memecahkan masalah yang sedang dikaji. Selain itu dengan menyatakan hipotesis, memudahkan para peneliti mengumpulkan data-data yang seharusnya tidak dibutuhkannya, karena data yang dikumpulkan melalui instrumen penelitian hanya data data yang berkaitan langsung dengan hipotesis. 4. Mengidentifikasi Variabel Pengenalan dan penentuan variabel penelitian menjadi hal yang sangat penting agar masalah yang diangkat dalam sebuah penelitian ilmiah menjadi jelas dan terukur. Dalam tahap selanjutnya, setelah variabel penelitian ditentukan, maka peneliti perlu menyusun definisi operasional variabel itu sesuai dengan maksud atau tujuan penelitian. Definisi operasional variabel adalah definisi yang merupakan turunan dari definisi konseptual yang dirumuskan sendiri oleh peneliti. Sedangkan definisi konseptual merupakan rumusan yang didasarkan pada teori-teori yang dibutuhkan dan dipahami oleh peneliti. 5. Menentukan Rancangan Penelitian Seringkali rancangan penelitian lebih dikenal sebagai desain penelitian. Rancangan penelitian termasuk prosedur atau langkahlangkah aplikatif dalam penelitian yang berfungsi sebagai blue print dalam melaksanakan penelitian ilmiah. Rancangan penelitian hendaknya didesain dan rancang secara jelas, terstruktur dan terbuka sehingga dapat dipelajari oleh orang lain bahkan dapat melakukan prosedur yang sama manakala membuktikan kebenaran penelitian ilmiah yang telah dilakukan peneliti. 6. Mengembangkan Instrumen Penelitian Instrumen penelitian merupakan sebuah alat yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan di lapangan. Berbagai jenis alat dan teknik pengumpulan data dapat dipilih sesuai dengan tujuan dan jenis penelitian ilmiah yang hendak dilakukan. Perlu diketahui bahwa setiap teknik dan jenis instrumen dalam penelitian memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Oleh karena itu sebelum menentukan dan mengembangkan instrumen penelitian, perlu dilakukan pertimbangan-pertimbangan tertentu, tidak semua instrumen pengumpul data cocok digunakan untuk penelitian-penelitian tertentu. Salah satu kriteria pertimbangan yang dapat dipakai untuk menentukan instrumen penelitian adalah kesesuaian dengan masalah penelitian yang ingin dipecahkan. 7. Menentukan Subjek Penelitian Orang yang terlibat dalam penelitian ilmiah dan berperan sebagai sumber data dikenal sebagai subjek penelitian. Seringkali subjek penelitian berhubungan dengan populasi dan sampel penelitian. Ketika penelitian ilmiah menggunakan sampel penelitian yang diambil dari sebuah populasi, maka peneliti hendaknya menetapkan dengan teknik pengambilan sampel. Hal ini dikarenakan, penelitian yang menggunakan sampel sebagai subjek penelitian akan menyimpulkan hasil penelitian yang berlaku umum terhadap seluruh populasi, meskipun data yang dikumpulkan hanya merupakan bagian yang jumlahnya jauh lebih kecil dari populasi penelitian. Penentuan sampel yang dipilih harus merepresentasikan populasi penelitian. Pengambilan sampel penelitian yang tidak benar akan mengarahkan peneliti kepada kesimpulan yang keliru. 8. Melaksanaan Penelitian dan Pengumpulan Data Pelaksanaan penelitian adalah proses pengumpulan data sesuai dengan desain atau rancangan penelitian yang telah disusun berdasarkan jenis data yang akan diukur. Untuk meningkatkan kualitas penelitian yang sedang dilaksanakan, maka pelaksanaan penelitian harus dilakukan secara cermat dan akurat karena akan berhubungan dengan data yang dikumpulkan, keabsahan dan kebenaran data penelitian. Seringkali peneliti saat berada di lapangan dalam melaksanakan penelitiannya terkecoh oleh beragam data yang sekilas semuanya tampak penting dan berkaitan. Namun peneliti harus fokus pada pemecahan masalah yang telah dirumuskannya dengan mengacu pengambilan data berdasarkan instrumen penelitian yang telah dipersiapkan sebelumnya. Berdasarkan cara pengambilan data terhadap subjek penelitian, data dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu data langsung dan data tidak langsung. Data langsung adalah data yang diperoleh secara langsung oleh peneliti dari sumber data (subjek penelitian), sementara data tidak langsung adalah data yang diperoleh peneliti tanpa melakukan kontak langsung dengan subjek penelitian yaitu melalui penggunaan media tertentu misalnya melakukan proses wawancara melalui alat seperti handpone atau telepon seluler, pengisian angket secara online dan sebagainya.Tahap pengumpulan data merupakan tahap lapangan, mencari informasi yang diperlukan sesuai dengan hipotesis yang dirumuskan. Mengumpulkan data memiliki peran tersendiri yang sangat penting dalam menerapkan metode ilmiah, sebab berkaitan dengan pengujian hipotesis. Artinya, hipotesis diterima ataupun ditolak tergantung pada data yang terkumpul atau yang didapatkan. 9. Menganalisis Data dan Menguji Hipotesis Berbagai jenis data yang terkumpul ketika peneliti melaksanakan penelitian ilmiahnya tidak akan memiliki makna apapun sebelum data- data tersebut dianalisis. Terdapat beragam alat yang dapat digunakan untuk melakukan analisis data, tergantung pada bentuk dan jenis datanya. Apabila penelitian ilmiah yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, maka jenis data akan diukur bersifat kuantitatif. Untuk itu perlu digunakan statistik untuk membantu pengolahan dan analisis data. Namun ketika penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, maka data yang dikumpulkan bersifat kualitatif, analisisnya dengan menggunakan pola atau pendekatan kualitatif deskriptif. Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan penelitian yang diajukan oleh peneliti. Pendekatan dan berpikir ilmiah prinsipnya adalah melakukan pengujian hipotesis. Menguji hipotesis bukanlah untuk membenarkan atau menyalahkannya, namun untuk menerima atau menolaknya. Oleh sebab itu, sebelum kita mengujinya terlebih dahulu perlu menetapkan taraf signifikansinya. Sebab taraf signifikansi berkaitan dengan ambang batas kesalahan dalam pengujian hipotesis. 10. Merumuskan Hasil Penelitian Hakekatnya dalam merumuskan hasil-hasil penelitian dan tahapan pembahasan adalah kegiatan menjawab pertanyaan atau rumusan masalah penelitian, berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan sebelumnya. Ketika sampai pada tahapan pembahasan, berarti peneliti melakukan interpretasi dan diskusi hasil penelitian dengan berbagai teori yang telah dikompilasi dalam bab-bab sebelumnya. Hasil penelitian dan pemabahasannya merupakan inti dari sebuah penelitian ilmiah. Pada penelitian ilmiah dengan pengajuan hipotesis, maka pada langkah inilah hipotesis itu dinyatakan diterima atau ditolak dan dibahas mengapa diterima atau ditolak. Apabila hasil penelitian mendukung atau menolak suatu prinsip atau teori, maka dibahas pula mengapa demikian. Pembahasan penelitian harus dikembalikan kepada teori yang menjadi sandaran penelitian ilmiah. 11. Merumuskan Simpulan Tahapan akhir dalam kegiatan metode ilmiah adalah menarik atau merumuskan simpulan. Rumusan simpulan hendaknya mengacu pada permasalahan penelitian atau hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Umumnya di dalam konsep penelitian kesimpulan penelitian dirumuskan dalam kalimat deklaratif atau pernyataan dengan jelas, singkat dan padat.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: kerangka berpikir; hipotesis penelitian; pengumpulan data; eksperimen
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 21 Jan 2021 01:35
Last Modified: 21 Jan 2021 07:00
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item View Item