Mustafa, Pinton Setya (2020) Pengajaran remedial dalam pendidikan jasmani. Lambung Mangkurat University Press, Banjarmasin. ISBN 978-623-7533-23-8

[img] Text (Buku)
Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani - Pinton (BUKU).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Kegiatan belajar sering dikaitkan dengan mengajar, bahkan antara belajar dan mengajar digabungkan menjadi pembelajaran dan sering juga disebut dengan proses belajar mengajar. Belajar pada pihak siswa, merupakan tuntutan dasar bahkan dapat dikatakan sebagai dasar psikologis yang memungkinkan kegiatan pedagogis dan didaktis untuk berjalan sebagaimana diharapkan. Maka guru harus memahami apa hakikat dari belajar itu, apa yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar, dan bagaimana proses belajar itu berlangsung. Sehingga guru mampu merencanakan dan menyelenggarakan proses belajar dan mengajar di dalam kelas. Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan interaksi yang dinamis antara pendidik yang melaksanakan tugas mengajar dengan anak didik yang melaksanakan kegiatan belajar. Proses interaksi ini sangat penting dalam kelangsungan proses belajar mengajar, karena dalam proses belajar mengajar pendidik menyampaikan suatu pesan berupa pengetahuan, keterampilan, sikap dan etika kepada para peserta didik melalui proses interaksi. Berdasarkan hal tersebut maka sangat diperlukan pengetahuan terhadap proses belajar. Setiap individu mempunyai cara belajar yang berbeda. Perbedaan individual ini harus dipertimbangkan dalam strategi mengajar agar setiap anak didik dapat berkembang sepenuhnya serta menguasai bahan pelajaran secara tuntas. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari berbagai kesulitan. Namun hal ini merupakan suatu tantangan bagi setiap guru yang ingin pekerjaannya benar-benar sebagai suatu profesi. Buku ini berisi tentang; hakikat belajar dan mengajar; hakikat kesulitan belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar; belajar tuntas (mastery learning); diagnosis kesulitan belajar; penetapan kriteria ketuntasan minimal (KKM); program pengajaran remedial; prosedur pengajaran remedial; pengajaran remedial keterampilan gerak. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca semua dan dapat digunakan sebagai pengayaan wawasan dan sebagai pedoman dalam melakukan pengajaran remedial khususnya dalam pendidikan jasmani.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: belajar mengajar; hasil belajar; belajar tuntas; kesulitan belajar; pengajaran remedial
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pinton Setya Mustafa M.Pd
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:06
Last Modified: 19 Apr 2022 02:06
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item