Mustafa, Pinton Setya (2020) Penerapan kajian dan praktik lapangan pada mahasiswa pendidikan olahraga di Universitas Negeri Malang (Mata Kuliah: Pembelajaran Tenis Meja dan Metodologi Penelitian). Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6 (2). pp. 12-28. ISSN 2580-6335

[img] Text (Artikel Jurnal)
Penerapan Kajian dan Praktik Lapangan - Pinton 791-Article Text-2674-1-10-20200925.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (371kB)
Official URL: http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah mengungkap fenomena yang terjadi secara kualitatif selama kegiatan kajian dan praktik lapangan (KPL) berlangsung dengan memberikan materi perkuliahan kepada mahasiswa S1 jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan (PJK) di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) dengan mengajar mata kuliah pembelajaran tenis meja (perwakilan mata kuliah praktik) dan metodologi penelitian (perwakilan mata kuliah teori). Metode deskriptif kualitatif digunakan, dengan peneliti sendiri sebagai instrumen pengumpulan data kemudian data dianalisis dengan: (1) data reduction, (2) data display, dan (3) verification. Hasil menunjukkan selama KPL berlangsung pada mata kuliah praktik dan teori dapat berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa hambatan. Hambatan yang terjadi secara umum pada mata kuliah praktik adalah mahasiswa kadang kurang terkontrol, sedangkan pada mata kuliah teori penyusunan tugas masih belum memenuhi harapan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah KPL berjalan dengan baik dan dapat memberikan pengalaman untuk mengatasi permasalahan yang terjadi selama memberikan perkuliahan. ENGLISH The aims of this descriptive study is to uncover the phenomena that occur qualitatively during the study and field practice (SFP) taking place by providing lecture material to undergraduate students 13 majoring in physical education and health (PJK) at the Faculty of Sports Science (FSS) Malang State University (UM) by teaching table tennis learning subjects (representatives of practical courses) and research methodology (representatives of theoretical courses). Qualitative descriptive methods are used, with the researchers themselves as data collection instruments then the data are analyzed with: (1) data reduction, (2) data display, and (3) verification (Sugiyono, 2015). The results show that as long as the SFP takes place in practical and theoretical subjects, can run well that is running according to the learning outcomes of the course. Constraints that occur in general in practice courses are students are sometimes less controlled, whereas in the theory of assignment theory courses still do not meet expectations. The conclusion that can be drawn is that the SFP is going well and can provide experience to overcome the problems that occur during lecturing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kajian dan praktik lapangan; pendidikan olahraga; tenis meja; metodologi penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pinton Setya Mustafa M.Pd
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:00
Last Modified: 28 Jun 2022 05:00
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item