Raehanah, Raehanah and Djuwita, Warni (2018) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kokami untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 10 (1). pp. 41-56. ISSN (p) 2087-8389

[img] Text (Artikel Jurnal)
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media Kokami untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (630kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di MI Yusuf Abdussatar Kediri pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru sangat jarang menerapkan model dan menggunakan media dalam proses pembelajarn dan juga masih bersifat satu arah atau masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kokami pada siswa kelas IV di MI Yusuf Abdussatar Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Hasil belajar yang diukur yaitu nilai kognitif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa metode observasi dan tes. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Skor aktivitas siswa sebanyak 59,72% dengan kategori aktif meningkat menjadi 85,41% dengan kategori sangat aktif pada siklus II. Begitu juga skor aktivitas guru dari 68,66% dengan kategori terlaksana baik meningkat menjadi 92,10% dengan kategori terlaksana sangat baik pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 9 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 60,86%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 1 orang dengan ketuntasan klasikal 95,65%. Dengan demikian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kokami dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA Kelas IV di MI Yusuf Abdussatar Kediri tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; kooperatif; TGT; media kokami; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:33
Last Modified: 29 Aug 2022 07:33
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item View Item