Mas'ud, Riduan (2022) Penguji ujian terbuka disertasi/promosi Doktor: Pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam interdisipliner bermuatan moderasi beragama di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Documentation. Pascasarjana, Mataram. (Unpublished)

[img] Text (SK Penguji)
SK PENGUJI LENNY HERLINA.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (805kB)
[img] Text (Pengantar Penguji)
Pengantar Penguji Eksternal Leny herliana.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (391kB)
[img] Text (Disertasi)
DISERTASI LENNY HERLINA 2022.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA 'Pengembangan bahan ajar pendidikan Agama Islam Interdisipliner bermuatan moderasi beragama untuk menjelaskan: (1) analisis kebutuhan, (2) Pengembangan bahan ajar, dan (3) Evaluasi pengembangan bahan ajar. Pengembangan ini mengadaptasi rancangan penelitian dan pengembangan model Dick dan Carey dengan 10 langkah penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data melalui telaah Pustaka, angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan Menunjukan perlu tersedianya bahan ajar yang konprehensif yakni bahan ajar yang dapat memenuhi unsur efektivitas dan efisiensi. Pengembangan bahan ajar pada bagian isi memuat 8 materi yang diberi muatan nilai-nilai moderasi, dan topik-topik dibahas melalui disiplin ilmu berbeda (Islam, medis dan hukum yaitu perundang-undangan di Indonesia) dan pada tiap tiap akhir bab dilengkapi rencana tugas mahasiswa yang dituangkan hanya sebagai gambaran penugasan sesuai tujuan pembelajaran. Evaluasi adalah proses evaluasi formatif yang terdiri dari tahap uji-uji dan tahap revisi-revisi. Uji ahli konten menghasilkan nilai 86% menunjukkan bahan ajar sangat baik, uji ahli desain menghasilkan nilai 85% (sangat baik), uji ahli bahasa menghasilkan nilai 83% (baik,), hasil uji perorangan oleh mahasiswa menghasilkan kesalahan nyata tidak terlalu banyak, penilaian angket pada kelompok kecil adalah 90% (sangat baik). Hasil uji lapangan pre test sebesar 80%, post test 90% sehingga didapati selisih sebesar 10%. Hasil evaluasi sumatif pada uji efektifitas, menggunakan dua Teknik, pertama: prosentase, yaitu diketahui skor rata-rata pre tes oleh mahasiswa sebesar 77% dengan kriteria baik, sedangkan skor rata-rata post test mahasiswa sebesar 90% memenuhi kriteria sangat baik Kedua, ujit yaitu berdasarkan tabel 4.25 diketahui bahwa kelompok nilai pretest dan posttest mempunyai masing-masing 25 sampel (sama). Pastiest lebih tinggi dari pretest dilihat dari rata-ratanya yakni 154,00 dengan 179,76. Skor tersebut menunjukan bahwa penggunaan bahan ajar Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Bermuatan Moderasi Beragama sudah mencapai kriteria sebagai bahan ajar yang dinyatakan efektif untuk dimanfaatkan dan layak untuk proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian, bahan ajar Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Bermuatan Moderasi Beragama dinyatakan efektif untuk dimanfaatkan dan layak untuk digunakan pada proses belajar mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: pengembangan; bahen ajar; PAI; Interdisipliner; moderasi beragama
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:23
Last Modified: 11 Oct 2022 05:52
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item