Kusaeri, Al (2013) Peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa dengan metode student teams achievement division. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 6 (2). pp. 108-124. ISSN (P)2085-5893 (E) 2541-0458
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATKA SISWA DENGAN METODE STAD.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (624kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division di MTs NW 01 Kembang Kerang Kec. Aikmel Lotim. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas tiga siklus. Penelitian ini menggunakan adaptasi dari desain Kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat tahap untuk setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar Matematika kelas VII MTs NW 01 Kembang Kerang Kec. Aikmel Lotim. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata skor kemandirian belajar setiap siklus dan hasil post-test yang meningkat di setiap siklus.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar; hasil belajar matematika; STAD |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Syahrul Gunawan Adita, S.E |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 07:31 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 07:31 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |