Wathoni, Lalu Muhammad Nurul (2018) Integrasi pendidikan Islam dan sains: rekonstruksi paradigma pendidikan Islam. CV Uwais Inspirasi Indonesia Ponorogo, Ponorogo. ISBN 978-602-5891-29-8
Text (Buku)
BUKU INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DAN SAINS1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Integrasi Pendidikan Islam dan sains sebagai sebuah wacana keilmuan dalam mencerahkan pendidikan Islam di era peradaban modern yang terkesan buram. Keburaman tersebut terjadi akibat kuatnya kesenjangan ilmu dan semakin dibenturkan oleh para ilmuan yang sekuler, sehingga muncul paradigma dikotomi (pemisahan) ilmu di dunia yang berimplikasi juga pada dunia pendidikan Islam. Maka di kalangan ilmuan Muslim terpecah menjadi dua kelompok, pertama para pendukung ilmu-ilmu agama hanya menganggap valid sumber Ilahi dalam bentuk kitab suci dan tradisi kenabian dan menolak sumber-sumber non-skriptual sebagai sumber otoritatif untuk menjelaskan kebenaran sejati. Kedua, para pendukung ilmu-ilmu sains sekuler yang hanya menganggap valid informasi yang diperoleh melalui pengamatan indrawi (eksperimentasi) semata.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan isla; sains; ilmu pengetahuan; pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lalu Wathan M.Pd |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 08:05 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 08:05 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2144 |
Actions (login required)
View Item |