Suhirman, Suhirman (2020) Hubungan pembelajaran berbasis masalah dengan keterampilan berpikir kritis dan literasi lingkungan siswa. Jurnal dan Pendidikan Ilmu Sosial, 4 (1). pp. 334-342. ISSN p-ISSN: 2598-9944 e-ISSN: 2656-6753

[img] Text (Artikel Jurnal)
Pembelajaran Berbasis Masalah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (473kB)
Official URL: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/a...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pembelajaran berbasis masalah dengan keterampilan berpikir kritis dan literasi lingkungan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Tengah kelas XIIABC. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, yang melibatkan jumlah siswa 56 orang. Data dianalisis dengan menggunakan regresi parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi lingkungan yang dibuktikan dengan koefisien korelasi perolehan sebesar 0.267; 2) Keterampilan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi lingkungan yang dibuktikan dengan koefisien korelasi perolehan sebesar 0.311; 3) Pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan koefisien korelasi perolehan sebesar 0.429. Sedangkan bersama-sama hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dan keterampilan berpikir kritis siswa berpengaruh positif terhadap literasi lingkungan yang dibuktikan dengan koefisien korelasi perolehan sebesar 0.337. Jadi, hubungan antara X1 dan Y; X2 dan Y; X1 dan X2 bersifat linier positif dan searah, artinya peningkatan perolehan penerapan pembelajaran berbasis masalah dan keterampilan berpikir kritis akan diikuti dengan kemampuan literasi lingkungan siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah; keterampilan berpikir kritis; literasi lingkungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:49
Last Modified: 21 Jan 2021 06:49
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item View Item