Fitriani, Mohamad Iwan (2019) Membumikan filsafat pendidikan Islam: telaah konsep, problem, dan aktualisasinya dalam pendidikan Islam. Pustaka Lombok, Mataram. ISBN 978-602-5423-13-0

[img] Text (Buku)
REPO BUKU FILSAFAT OK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Cek Plagiasi)
Membumikan filsafat pendidikan islam.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB)

Abstract

INDONESIA Di antara persolana-persoalan yang menjadi tema sentral dalam buku ini adalah: (a) filsafat pendidikan islam tidak sama dengan filsafat umum dan tidak sama pula dengan filsafat pendidikan umum. Filsafat pendidikan islam adalah aplikasi filsafat dalam pendidikan islam. Ini berarti bahwa kajian filsafat pendidikan islam bukan kajian filsafat pada umumnya baik dari segi onto-epistimo ataupun aksionya. Jika filsafat umum (seperti namanya) mencakup kajian filsafat secara umum, maka filsafat pendidikan islam adalah filsafat khusus yang include di dalamnya kajian komponen system pendidikan (guru/siswa, materi, media, metode, kurikulum, tujuan serta evaluasi ). Kesemua komponen tersebut dalam perspektif filsafat pendidikan islam memiliki pertanyaan-pertanyaan ontologi, epistimologi ataupun aksiologinya. Jadi, mengkaji filsafat pendidikan islam melalui filsafat umum, bukannya sia-sia (useless), tapi ibarat menjaring ikan teri dengan jalagawang sepak bola. Walaupun sempat masuk jala, ia akan lepas kembali. Karena itulah filsafat pendidikan islam memiliki spesifikasi kajian terkait pendidikan islam. Antara filsafat umum dan filsafat pendidikan islam bukannya terpisah sama sekali. Karena kajian ontologi, epistimologi, ataupun aksiologi filsafat umum dan filsafat pendidikan islam bersua dalam tataran makro, namun berbeda dalam tataran mikro. Di mana kajian filsafat pendidikan islam tidak akan bisa dilepaskan dari komponen sistem penyangga proses pendidikan seperti yang disebutkan di atas. Filsafat pendidikan islam juga berangkat dari pandangan bahwa filsafat bukan sebatas pada kegiatan berfikir, tetapi juga sebagai value system yang menjadi pandangan hidup seseorang. Dari sini terlihat bahwa, sebagai metode berfikir, filsafat pendidikan islam adalah implementasi filsafat dalam sistem pendidikan islam. Selanjutnya, sebagai value system, filsafat pendidikan islam adalah aktualisasi nilai-nilai islami baik yang bersifat ilahiyah dan insaniyah melalui aktivitas pendidikan.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:47
Last Modified: 12 Apr 2023 04:47
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item