Aisyah, Siti and hanafi, hanafi Meta analisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8 (4). ISSN 2656-5862

[img] Text (Article)
Meta analisis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (236kB)
Official URL: htpps://10.36312/jime.v8i4.3889/http://ejournal.ma...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Berdasarkan banyaknya penelitian yang sejenis tentang studi eksperimen terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang telah dilakukan. Maka perlu dilakukan pengorganisasian data, menggaliinformasi dari penelitian terdahulu yang diperoleh, dan mendekati kekomprehensipan data dengan maksud-maksud lainnya serta belum adanya studimeta-analisi pada beberapa studi eksperimen tersebut. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) problem based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswadalamlingkup yanglebih luas. Jenis penelitian meta analisis artikel publikasi ilmiah dari jurnal atau skripsi yang memenuhi kriteria inklusi dengan pengolahan data menggunakan effek size rata-rata eksperimen (x̅E) -rata-rata control (x̅K) : standar deviasi kelas Kontrol (SD K). Secara keseluruhan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan prosessains dengan effect size 1.124 kategori sangat tinggi dan hasil belajar kognitif siswa 1.11 kategori sangat tinggi. Model Problem BasedLearning efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada jenjang sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Raden . Jie
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:30
Last Modified: 14 Jun 2023 03:30
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3200

Actions (login required)

View Item View Item