Maujud, Fathul (2013) Strategi supervisor PAI dalam pembinaan kompetensi profesional guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Hikmah Pagutan Mataram. Documentation. Lembaga Penelitian dan Penerbitan, Mataram - NTB. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
Laporan Penelitian Tahun 2013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Untuk melakukan pembinaan secara kontinu terhadap guru pada kompetensi profesional, salah satu instrumen yang sangat relevan dan tepat adalah melalui kegiatan supervisi. Karena supervisi pada hakekatnya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sehari-hari. Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah adalah Guru Pegawai Negeri Sipil yang diangkat dalam jabatan fungsional pengawas pendidikan agama Islam yang tugas, tanggungjawab, dan wewenangnya melakukan pengawasan penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam pada sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) pola pendekatan pengawas PAI dalam pembinaan kompetensi profesional guru, (2) teknik pengawas PAI dalam pembinaan kompetensi profesional guru, (3) faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan supervisi oleh pengawas PAI dalam pembinaan kompetensi profesional guru. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Hikmah Pagutan kota Mataram dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) reliabilitas, dan objektifitas (confirmability). Hasil penelitian ini yaitu: (1) pola pendekatan yang dipergunakan oleh supervisor PAI adalah pendekatan langsung (directive) dan tidak langsung (non-directive). Pendekatan langsung (directive) yang dipergunakan dalam pembinaan tersebut tidak didasarkan pada pemetaan tingkat kemampuan abstraksi dan komitmen guru. (2) teknik yang dipergunakan pengawas PAI dalam pembinaan kompetensi professional guru adalah teknik individual dan kelompok. Teknik supervisi individual yang dipergunakan adalah observasi dokumen, observasi kelas dan pertemuan pribadi. (3) faktor penghambat pelaksanaan supervisi datang dari guru PAI dan pengawas itu sendiri. Dari sisi guru, tidak tersedianya dokumen/administrasi supervisi dan ketidaksiapan guru untuk disupervisi pada observasi kelas karena fasilitas pembelajaran yang tidak lengkap. Sementara dari sisi pengawas, bahwa pengawas tidak melakukan feed back terhadap hasil supervisi dan program kepengawasan yang dilakukan tidak terstruktur.

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: strategi; supervisor PAI; kompetensi profesional guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Fathul Maujud
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:58
Last Modified: 22 Jun 2021 02:58
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item