Kristayulita, Kristayulita (2020) Hasil dan motivasi belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatift tipe stad. Jurnal Tadris Matematika, 3 (1). pp. 67-76. ISSN 2621-3990, 2621-4008

[img] Text (Artikel)
Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (304kB)
[img] Text (Peer Review)
Hasil dan motivasi belajar siswa.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/j...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode quasi experimental design, yaitu menggunakan desain penelitian nonequivalen control grup design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di MTs Islam Selaparang Putra dengan mengambil sampel pada kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar pada siswa yang menggunakan model STAD lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model konvensional dan motivasi belajar siswa dengan model STAD lebih tinggi dari siswa dengan model konvensional. Implikasi untuk guru dengan pembelajaran model STAD pembelajaran lebih tersusun, sehingga guru dapat lebih optimal dalam proses pembelajaran. Siswa jadi lebih aktif dan lebih percaya diri karena adanya bantuan dari anggota kelompok dan adanya pemberian reward di akhir pembelajaran untuk mendukung motivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran STAD; hasil belajar; motivasi belajar siswa
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Dr. M.Si., Kristayulita Kristayulita
Date Deposited: 20 Jan 2021 15:01
Last Modified: 27 Jan 2021 11:20
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item View Item