Muhammad, Muhammad (2018) Sumber belajar. Sanabil, Mataram.

[img] Text (Buku)
SUMBER BELAJAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (751kB)

Abstract

INDONESIA Perkembangan sumber belajar dari waktu ke waktu mengalami metamorfosis yang makin mempermudah proses belajar, ini disebabkan perkembangan zaman yang semakin modern menuntut dunia pendidikan untuk mengalami pergantian sistem dalam pengadaan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan manusia. Sebelum teknologi canggih dikenal, sumber belajar awalnya dimulai dari sumber belajar pra-dosen, yakni sumber belajar yang belum mengandalkan tenaga dosen dalam proses belajarnya, kemudian setelah itu munculah dosen sumber belajar utama dalam proses belajar pembelajaran, memberikan pembelajaran dalam proses belajar yang sudah berkompeten dalam menangani kegiatan belajar dan pembelajaran, dengan adanya dosen sebagai sumber belajar utama tidak cukup optimal tanpa sumber belajar yang lain, maka dosen membutuhkan sumber belajar berupa buku atau media cetak lainnya untuk mensukseskan proses pembelajaran. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju dalam hal teknologi seperti saat ini, proses belajar tidak lagi mengandalkan dosen, media cetak atau sumber belajar lainnya. Kini teknologi informasi yang semakin canggih mampu membantu segala kegiatan manusia termasuk dalam proses belajar dan pembelajaran. Di samping buku teks dan sumber belajar berbasis teknologi, papan tulis juga masih menjadi sumber belajar yang tetap dimanfaatkan. Berhubungan dengan pemanfaatan papan tulis sebagai sumber belajar, Lee dan Winzenried juga menemukan dalam penelitiannya bahwa pemanfaatan papan tulis sebagai sumber belajar masih sangat dominan. Pengadaan sumber belajar seperti yang peneliti paparkan di atas memiliki manfaat dan tujuan, adapun manfaat dan tujuan dari sumber belajar tersebut adalah: 1. berpikir yang kemudian akan menimbulkan Selama pengumpulan informasi terjadi kegiatan pemahaman yang mendalam dalam belajar (McFarlane, 1992). 2. Mendorong terjadinya pemusatan perhatian terhadap topik sehingga membuat peserta didik menggali lebih banyak informasi dan menghasilkan hasil belajar yang lebih bermutu (Kulthan, 1993). 3. keterampilan dalam memecahkan persoalan. Meningkatkan keterampilan berpikir seperti Untuk pembaruan pendidikan, ada tiga isu utama yang perlu disoroti, yaitu pembaruan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektivitas strategi pembelajaran. Kurikulum pendidikan harus komprehensif dan responsif terhadap dinamika sosial, relevan, tidak overload, dan mampu mengakomodasikan keberagaman keperluan dan kemajuan teknologi. Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas hasil pendidikan. Dan secara mikro, harus ditemukan strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif di kelas, yang lebih memberdayakan potensi mahasiswa. Ketiga hal itulah yang sekarang menjadi fokus pembaruan pendidikan di Indonesia. Sumber belajar latar pada dasarnya dapat diartikan lebih luas. Berbagai benda yang terdapat di lingkungan kita dapat dikategorikan ke dalam jenis sumber belajar yang dimanfaatkan (by utilization resources) ini. Dibanding dengan jenis sumber belajar yang dirancang, jenis sumber belajar yang dimanfaatkan ini jumlah dan jenisnya jauh lebih banyak. Oleh karena itu, sangat dianjurkan setiap dosen mampu mendayagunakan sumber belajar yang ada di lingkungan kampus. Pengertian lingkungan dalam hal ini adalah segala sesuatu baik yang berupa benda hidup maupun benda mati yang terdapat di sekitar kita (di sekitar tempat tinggal maupun kampus). Sebagai dosen, seseorang dapat memilih berbagai benda yang terdapat di lingkungannya untuk dijadikan media dan sumber belajar bagi mahasiswa. Bentuk dan jenis lingkungan ini bermacam-macam, misalnya: sawah, hutan, pabrik, lahan pertanian, gunung, danau, peninggalan sejarah, museum, dan sebagainya. Media di lingkungan juga bisa berupa benda-benda sederhana yang dapat dibawa ke ruang kelas, misalnya: batuan, tumbuh-tumbuhan, binatang, peralatan rumah tangga, hasil kerajinan, dan masih banyak lagi contoh yang lain. Lingkungan merupakan salah satu sumber belajar yang amat penting dan memiliki nilai-nilai yang sangat berharga dalam rangka proses pembelajaran mahasiswa. Lingkungan dapat memperkaya bahan dan kegiatan belajar. Lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar terdiri dari : (1) lingkungan sosial dan (2) lingkungan fisik (alam). Lingkungan sosial dapat digunakan untuk memperdalam ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan sedangkan lingkungan alam dapat digunakan untuk mempelajari tentang gejala-gejala alam dan dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik akan cinta alam dan partispasi dalam memelihara dan melestarikan alam. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat ditempuh dengan cara melakukan kegiatan dengan membawa peserta didik ke lingkungan, seperti survey, karyawisata, berkemah, praktek lapangan dan sebagainya. Bahkan belakangan ini berkembang kegiatan pembelajaran dengan apa yang disebut out-bond, yang pada dasarnya merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan alam terbuka. Pemanfaatan seperti ini dapat memungkinkan pemelajar dan pembelajar melihat, mendengar, dan merasakan dunia nyata yang menyajikan informasi akurat dan mutakhir untuk kebutuhan belajar dan pembelajaran. Di samping itu, pemanfaatan lingkungan dapat dilakukan dengan cara membawa lingkungan ke dalam kelas, seperti: menghadirkan nara sumber untuk menyampaikan materi di dalam kelas. Agar penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar berjalan efektif, maka perlu dilakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta tindak lanjutnya. Perencanaan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yang terstruktur dengan baik perlu dilakukan untuk mencapai ultimate goal of education: the educated person.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; sumber belajar pesan; sumber belajar alat
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Pemikiran Politik Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 23 Jan 2021 09:43
Last Modified: 23 Jan 2021 09:43
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item