Yusuf, Yusuf and Suhirman, Suhirman (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw: Tinjauan proses dan hasil belajar. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 8 (2). pp. 381-396. ISSN 2654-4571/2338-5006
Text (Artikel Jurnal)
7_Bioscience IKIP.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (795kB) |
|
Text (Peer review)
7_Peer Review_Yusuf_2020_Jurnal Bioscientist_Pengembangan PErangkat Pembelajaran....pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (327kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, kemudian melihat dampaknya terhadap proses dan hasil belajar biologi siswa. Pengembangan mengadopsi model Morrison, Ross, & Kemp (2010), yang terdiri dari sembilan tahapan dan diakhiri dengan ujicoba lapangan untuk menghasilkan materi ajar, panduan guru, RPP, LKPD, dan soal tes. Ujicoba I dilakukan pada siswa kelas X MA Darun Najah Duman, untuk menghasilkan draft 1 perangkat pembelajaran dan memvalidasi instrumen penelitian. Ujicoba II pada siswa MA Putri NW Narmada. Aspek proses pembelajaran diukur mencakup: observasi kemampuan guru menerapkan perangkat pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, keterampilan kooperatif siswa, dan menjaring respon siswa dengan angket. Hasil belajar ditunjukkan dari skor tes akhir. Ujicoba menggunakan one-group pretest-posttest design. Data hasil observasi dan angket dianalisis dengan statistik deskriptif dan data skor tes dianalisis dengan statistik t one-sample test menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perangkat yang dikembangkan: mampu diterapkan oleh guru, meningkatkan aktivitas guru dan siswa, mendorong siswa melakukan aktivitas positif dalam pembelajaran, dan membiasakan siswa memiliki keterampilan kooperatif. Siswa senang dengan pembelajaran, sehingga pembelajaran yang menerapkan perangkat berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, berpengaruh signifikan terhadap pencapaian kriteria ketuntasan minimal siswa (μ = 78, μ0 = 67, t = 6.800, p = .000 < .005). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan dalam pembelajaran biologi pada madrasah aliyah di pondok pesantren.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran; kooperatif tipe jigsaw; proses; hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | mrs Nuraeni S.IPi |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 06:24 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 06:24 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/148 |
Actions (login required)
View Item |