Khusniah, Nurul Lailatul (2014) Efektivitas strategi problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 7 (2). pp. 108-119. ISSN (P)2085-5893 (E) 2541-0458
Text (Artikel Jurnal)
EFFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (814kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas strategi Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas VII MTs N 3 Mataram Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Negeri 3 Mataram dengan jumlah siswa sebanyak 136 orang dan sampelnya dengan jumlah siswa 67 orang adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Beradasrkan hasil analisis pos-tes diperoleh nilai rata-rata eksprimen sebesar 73,24 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 62,33 dan data homogen serta terdistribusi normal uji yang digunakan untuk hasil analisis hipotesis pos-tes adalah polled varian. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh thitung= 3,97 pada dk= n1+n2-2, 34+33-2= 65 dan ttabel= 5%(t0,05,65)=1,67 sedangkan pada taraf signifikan 1% didapatkan ttabel=2,39 atau (t0,01,65)=2,39. Jadi pada dk= 65, ttabel 5% < thitung =1,67 < 3,97 kemudian ttabel 1% = 1,67< 3,97. Berarti dalam hal ini pada taraf signifikan 5% atupun 1% dapat diterima. kesimpulannya H0 ditolak baik dengan taraf kepercayaan 5% ataupun 1%. Berarti Ha diterima dengan kata lain strategi problem based learning efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas VII MTs N 3 Mataram tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning; kemampuan berfikir kreatif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220314 Philosophy of Mind (excl. Cognition) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Syahrul Gunawan Adita, S.E |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 01:13 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 01:13 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1794 |
Actions (login required)
View Item |