Kurniawan, Rahmat Akbar (2014) Analisis kepuasan instansi pengguna lulusan jurusan pendidikan IPS Ekonomi FITK IAIN Mataram. Society, 5 (2). pp. 26-44. ISSN 2087-0493

[img] Text (Artikel Jurnal)
ANALISIS KEPUASAN INSTANSI PENGGUNA LULUSAN JURUSAN PENDIDIKAN IPS EKONOMI FITK IAIN MATARAM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (149kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Masalah yang dihadapi pengguna lulusan adalah soft skill alami dan bukan pada technical skill yg dimilikinya. Para lulusan tersebut sangat menguasai bidang teknis, seperti penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (Information dan Communication Technology), manajemen, teknik (engineering) dan pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan memberikan umpan balik (feedback) terkait lulusan Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi. Aspek kualitas alumni merupakan suatu hal yang penting karena merupakan indikator keberhasilan proses pendidikan pada Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan IAIN Mataram. Penelitian dilakukan di wilayah kota Mataram. Hasil penelitian bersifat deskriptif kuantitatif yang berguna untuk memperoleh gambaran tentang persepsi employer terhadap lulusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan, gambaran ideal lulusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan, dan kriteria seleksi calon karyawan baru.Lulusan Jurusan Pendidikan IPS Ekonomimayoritas bekerja sesuai dengan jurusannya, Sebagian besar lulusan sudah bekerja sesuai latar belakang Pendidikan, dan penghasilan pertama yang diperoleh lulusan sebagian besar kurang dari satu juta rupiah sebagai guru.sedangkan sebagian kecil lainnya (25%) bekerja pada sektor swasta pada lembaga keuangan/bank dengan pengasilan antara Rp 1.000.000, - Rp 3.000.000,- Atas dasar kondisi profil lulusan tersebut diketahui bahwa lulusan yang dihasilkan Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi sudah sesuai dengan visi dan misi.Relevansi kurikulum Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi terhadap kebutuhan pasar kerja yaitu sebagian besar lulusan merasa memiliki life skill yang sesuai dengan jenis pekerjaan sebagai guru dan sebagian besar lulusan juga menyatakan materi yang diterima selama kuliah di Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi sudah sesuai kebutuhan pekerjaan sebagai guru. Secara umum pengguna lulusan Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi puas terhadap lulusan. Namun beberapa kopetensi masih perlu ditingkatkan seperti penguasaan Bahasa Inggris, teknologi dan budaya menerima kritik serta pengembangan diri masih perlu ditingkatkan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis kepuasanl; luluasan; pengguna
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:43
Last Modified: 18 Jul 2022 01:43
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item