Mustafa, Pinton Setya (2022) Landasan teknologis sebagai peningkatan mutu dalam pendidikan dan pembelajaran: kajian pustaka. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (3). pp. 767-793. ISSN p-ISSN : 2656-5390 e-ISSN : 2579-6194

[img] Text (Artikel Jurnal)
Landasan Teknologis Sebagai Peningkatan - Pinton, Suryadi 2130-Article Text-5125-1-10-20220821.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (524kB)
Official URL: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/a...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Dunia pendidikan dan pembelajaran berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi secara dinamis. Dalam mengatasi berbagai permasalahan yang semakin kompleks dalam dunia pendidikan dan pembelajaran, tentunya perlu inovasi baru dalam memberikan solusi yang tepat, salah satunya mengembangkan pola pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan landasan teknologis. Tujuan dari artikel ini adalah memberikan bahan kajian tentang landasan teknologis pendidikan dan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah studi pustaka, dimana pengumpulan informasi dilakukan dengan dokumentasi melalui buku, jurnal, artikel, dan landasan yuridis yang relevan. Landasan teknologis merupakan dasar yang digunakan sebagai acuan teori dan praktik beretika yang melibatkan orang secara sistematis mendukung dan memecahkan berbagai permasalahan atau pun peningkatan mutu dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Peranan teknologi pendidikan pada dasarnya adalah upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran dari waktu ke waktu serta harus mampu memfasilitasi pembelajaran dalam berbagai kondisi yang dihadapi. Pemanfaatan teknologi pendidikan secara umum adalah memudahkan peserta didik mengakses sumber belajar yang tidak dibatasi oleh jarak dan waktu, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien serta mutu pendidikan semakin baik di masa depan. Kesimpulan dari penyajian materi tersebut diantaranya teknologi pendidikan memiliki makna secara luas yang menekankan pada sistem pendidikan, sedangkan teknologi pembelajaran terfokus pada pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik. ENGLISH The world of education and learning is developing in line with technological advances dynamically. In overcoming various increasingly complex problems in the world of education and learning, of course, new innovations are needed in providing the right solutions, one of which is developing education and learning patterns in accordance with the technological foundation. The purpose of this article is to provide study material on the technological foundations of education and learning. The method used in this qualitative research is a literature study, where information collection is carried out with documentation through books, journals, articles, and relevant juridical foundations. The technological foundation is the basis used as a reference for ethical theory and practice that involves people systematically supporting and solving various problems or improving quality in the education and learning process. The role of educational technology is basically an effort to improve the quality of education and learning from time to time and must be able to facilitate learning in various conditions encountered. The use of educational technology in general is to make it easier for students to access learning resources that are not limited by distance and time, so that learning can run effectively and efficiently and the quality of education will be better in the future. Conclusions from the presentation of these materials include educational technology which has a broad meaning that emphasizes the education system, while learning technology focuses on implementing learning that is in accordance with the conditions of students.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: landasan pendidikan ; teknologi pendidikan ; teknologi pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pinton Setya Mustafa M.Pd
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:21
Last Modified: 29 Aug 2022 01:21
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item View Item