Hizam, Ibnu (2015) Evaluasi program penyelenggaraan MTsN Kediri Model CIPP. Society, 6 (2). pp. 22-42. ISSN 2087-0493

[img] Text (Artikel Jurnal)
EVALUASI PROGRAM PENYELENGGARAAN MTsN KEDIRI MODEL CIPP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (260kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Madrasah merupakan salah satu bentuk lembaga pendidikan islam yang memiliki peran sangat penting dalam membentuk karakter sumber daya manusia. Mengelola suatu lembaga pendidikan islam (madrasah) bukanlah hal yang mudah. Apalagi yang dimaksud mengelola tidak sekedar dalam pengertian mempertahankan yang sudah ada, tetapi melakukan pengembangan secara sistematik dan sistemik, yang meliputi aspek ideologis (visi dan misi), kelembagaan dan langkah operasionalnya serta mencerminkan pertumbuhan (growth), perubahan (change) dan pembaharuan (reform). Namun demikian lembaga pendidikan madrasah Tsanawiyah tida terlepas dari sejumlah problem. Menurut data Direktorat Pendidikan Madrasah tahun 2007, terdapat 34,4% dari total 222.890 ruang kelas madrasah di Indonesia dikategorikan rusak. Selain sarana dan prasarana, masih banyak guru madrasah tsanawiyah yang belum memenuhi kualifikasi akedemik. Data Kementerian Agama disebutkan dari total jumlah pendidik (guru) untuk jenjang madrasah tsanawiyah sebanyak 112.793 orang dengan 19,0% berstatus PNS, sisanya 81,0% berstatus non PNS. Adapun yang berkualifikasi pendidikan pendidik minimal strata satu (S1) yakni sebanyak 83.411 orang atau 74,0%, sisanya 26% non S1, kondisi ini menunjukkan bahwa jumlah tersebut masih jauh dari harapan. Kondisi tersebut menuntut perbaikan yang dilandasi oleh hasil evaluasi yang valid jika akan melakukan perbaikan yang tepat di lapangan agar dapat dilakukan perbaikan yang akurat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: evaluasi; program; model CIPP
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 19 Jul 2022 23:54
Last Modified: 19 Jul 2022 23:54
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item