Mulabbiyah, Mulabbiyah (2017) Identifikasi kemampuan guru dalam melakukan penilaian hasil belajar berbasis kurikulum 2013 Di MIN Punia Mataram. Jurnal Penelitian Keislaman, 13 (2). pp. 192-199. ISSN (P-ISSN 1829-6491, E-ISSN 2580-9652)

[img] Text (Artikel Jurnal)
2017_Jurnal KeIslaman_Identifikasi Kemampuan Guru dalam Melakukan Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kurikulum 2013 di MIN Punia Mataram.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/art...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan guru MIN Punia Mataram dalam melaksanakan penilaian hasil belajar berbasis kurikulum 2013 yang mencakup kemampuan merencanakan penilaian, melaksanakan penilaian, melakukan pengolahan hasil penilaian dan menindaklanjuti hasil penilaian. Populasi penelitian berjumlah 20 orang guru dengan sampel penelitian berjumlah 13 orang guru yang dipilih secara purposive sampling. Adapun variabel dalam penelitian ini berupa kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar. Data kemampuan guru diperoleh melalui instrumen berbentuk angket tertutup dan semi terbuka. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif berupa persentase, hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan guru MIN Punia Mataram dalam merencanakan penilaian tergolong sangat baik (90%), kemampuan melaksanakan penilaian tergolong baik (73,33%), kemampuan mengolah hasil penilaian tergolong sangat baik (93,33%) serta kemampuan memanfaatkan dan menindaklanjuti hasil penilaian tergolong baik (53,33%). Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa kemampuan guru MIN Punia Mataram dalam melaksanakan penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013 sudah baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penilaian hasil belajar; kurikulum 2013; kemampuan guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Mulabbiyah .
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:43
Last Modified: 14 Jan 2022 02:43
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item