Arifin, Syamsul (2022) Pendidikan Islam integratif humanistik dalam wacana etno-paedagogik. Documentation. FTK-PAI, Mataram. (Unpublished)
![]() |
Text (artikel jurnal (rancangan))
PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF HUMANISTIK.pdf - Draft Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (541kB) |
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan Islam Integratif humanistik dalam wacana pendidikan yang berbasis pada kekuatan kearifan lokal. Untuk mencapai tujuan tersebut, tulisan ini menggunakan riset pustaka dengan cara mengumpulkan sejumlah ayat Al-Qur’an dan beberapa buku yang berkenaan dengan istilah kunci dalam tulisan ini. Hasil tulisan ini menunjukkan bahwa Pendidikan Islam dalam termenologi ta’lim, tarbiyah, dan ta’dib hampir tanpa hambatan untuk berdialog dan saling mengisi dan saling menguatkan dengan budaya-budaya lokal selama tidak bertentangan syariat dan berimplikasi pada penguatan jati diri bangsa dalam menghadapi budaya pop kapitalisme global.
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan Islam; integratif-humanistik; etno-paedagogik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130104 Sasak, Samawa, Mbojo Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rika Kurniawaty M.Hum |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 01:23 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 01:23 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |