Hakim, Lukman and Mustafa, Pinton Setya and Sugiarto, Fitrah (2023) Penguatan pembelajaran outing class (Outbound Training) untuk Guru Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah Kota Mataram. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyaraka, 4 (4). pp. 8044-8052. ISSN P-ISSN 2721-5008, E-ISSN 2721-4990

[img] Text (Artikel)
Artikel PENGUATAN PEMBELAJARAN OUTING CLASS 19407-Article Text-62376-1-10-20230930.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (403kB)
[img] Text (Akreditasi jurnal)
Hasil_Akreditasi_No 54 Community_Jurnal_Ilmiah_Periode_III_Tahun_20226.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Sertifikat sinta 5)
Sertifikat Sinta 5 COMMUNITY DEVELOPMENT JOURNAL.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (117kB)
[img] Text (HAKI)
sertifikat_EC00202389813 HKI Penguatan Pembelajaran Outing Class.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat pembelajaran outing class (outbound training) sebagai metode inovatif dalam pendidikan untuk guru kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah di Kota Mataram. Metode Participatory Action Research (PAR) dilakukan dalam pengabdian ini yang bermaksud untuk memberikan tindakan pengalaman langsung yang berdampak positif pada kemampuan sosial, profesionalisme, dan pengajaran guru kelas rendah MI Kota Mataram sebanyak 18 guru melalui fokus pada pengembangan metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, serangkaian pelatihan dan kegiatan outing class diintegrasikan ke dalam pendekatan pembelajaran guru kelas rendah. Guru-guru mendapatkan kesempatan untuk aktif berpartisipasi dalam outing class dan kemudian menerapkan konsep dan keterampilan yang peroleh ke dalam pembelajaran kelas. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bertambahnya keterampilan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran outing class. Selain itu, terlihat peningkatan dalam kualitas pengajaran, dengan siswa yang lebih terlibat, aktif, dan bersemangat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pengabdian kepada masyarakat dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal guru MI kelas rendah dalam pembelajaran Outing class di Kota Mataram perlu ditingkatkan. Namun, setelah pelatihan intensif, para guru memperoleh pemahaman yang mendalam dan keterampilan yang efektif dalam merencanakan kegiatan serta mengawasi Outing class, sehingga para guru lebih siap dan percaya diri dalam menerapkan pembelajaran outing class bagi siswanya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Outing Class: Guru Kelas; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr. Lukman Hakim
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:05
Last Modified: 16 Nov 2023 01:05
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item