Yusuf, Yusuf (2021) Pembelajaran kooperatif-teori, pengembangan perangkat, penilaian proses & hasil belajar. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-317-197-7

[img] Text (Buku Referensi)
PEMBELAJARAN KOOPERATIF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
Pembelajaran kooperatif-teori, pengembangan perangkat, penilaian proses & hasil belajar..pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (370kB)

Abstract

INDONESIA Pendidikan saat ini dihadapkan pada tuntutan yang semakin meningkat, baik ragam, lebih-lebih kualitasnya, termasuk pendidikan pada madrasah aliyah. Di sisi lain, berdasarkan hasil evaluasi dengan kurikulum 1994 dan KTSP, diketahui bahwa siswa belum mencapai kemampuan optimalnya. Siswa hanya tahu banyak fakta tetapi kurang mampu memanfaatkannya, oleh sebab itu sistem pendidikan saat ini dan di masa depan harus dikembangkan agar lebih responsif terhadap tuntutan masyarakat dan tantangan yang akan dihadapi. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk; (1) Mengembangkan perangkat pembelajaran biologi SMA/MA yang bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan (2) Mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi melalui penerapan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu (1) Tahap Pengembangan Perangkat, dan (2) Tahap Pembelajaran Nyata. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah materi ajar, rencana pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan instrumen tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Guru mampu melakukan keseluruhan aspek pembelajaran dengan kategori baik, (2) Aktivitas guru yang dominan adalah mengelola pembelajaran sesuai kaidah pembelajaran kooperatif, dan melatihkan siswa keterampilan kooperatif, (3) Aktivitas siswa yang dominan adalah membaca materi ajar, LKS, dan menulis yang relevan, (4) Keterampilan kooperatif siswa yang dominan adalah mengambil giliran dan berbagi tugas, (5) Siswa menyatakan senang dan baru terhadap perangkat dan model pembelajaran, (6) Guru menganggap perangkat pembelajaran cukup membantu dan bermanfaat, dan (7) Pembelajaran yang menerapkan perangkat dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat menuntaskan belajar siswa.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, teori; pengembangan perangkat; penilaian proses; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr. M.Si., Kristayulita Kristayulita
Date Deposited: 22 Dec 2021 20:18
Last Modified: 19 Jan 2022 07:06
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item