Arifin, Syamsul (2019) Model pembelajaran ushul fiqih berdimensi soft skills. Jurnal Tatsqif; Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17 (2). pp. 131-148. ISSN 2503-4510
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
MODEL PEMBELAJARAN USHUL FIQIH.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (406kB) |
![]() |
Text (Peer Review)
jurnal Tatsqif.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (496kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Tujuan penelitian ini untuk menggali karakteristik Ushul Fiqh dari aspek epistemologi dan ontologi dan selanjutnya mendeskripsikan model pembelajarannya yang berdimensi soft skill. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, bahwa Ushul Fiqh sebagai ilmu pengetahuan yang memiliki potensi laten untuk mengembangkan soft skill peserta didik. Kedua, Ushul Fiqh yang dinilai sebagai induk ilmu pengetahuan Islam memiliki peran sentral dalam mewujudkan Islam sebagai agama yang rahmat dan humanis. Dari aspek epistemologis, pendekatan Ushul Fiqh yang humanistik bukan saja akan melahirkan hukum-hukum Islam yang “berpihak” pada manusia, lebih dari itu, mampu membentuk manusia yang humanis. Ketiga, Pengembangan soft skill melalui pembelajaran Ushul Fiqh dirasakan efektif dengan strategi pembelajaran Value Clarification Learning, Active Learning, dan Contextual Teaching and Learning. Selain itu, Pemilihan contoh-contoh ayat-ayat Al-Qur’an yang mendukung aktualisasi nilai tersebut dan keberanian memberikan makna pada setiap pokok-pokok bahasan ushul Fiqh. menjadi salah satu kunci pencapaian terwujudnya perilaku baru bagi individu.
Actions (login required)
![]() |
View Item |