Arifin, Syamsul (2019) Model pembelajaran ushul fiqih berdimensi soft skills. Jurnal Tatsqif; Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17 (2). pp. 131-148. ISSN 2503-4510

[img] Text (Artikel Jurnal)
MODEL PEMBELAJARAN USHUL FIQIH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (406kB)
[img] Text (Peer Review)
jurnal Tatsqif.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (496kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini untuk menggali karakteristik Ushul Fiqh dari aspek epistemologi dan ontologi dan selanjutnya mendeskripsikan model pembelajarannya yang berdimensi soft skill. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, bahwa Ushul Fiqh sebagai ilmu pengetahuan yang memiliki potensi laten untuk mengembangkan soft skill peserta didik. Kedua, Ushul Fiqh yang dinilai sebagai induk ilmu pengetahuan Islam memiliki peran sentral dalam mewujudkan Islam sebagai agama yang rahmat dan humanis. Dari aspek epistemologis, pendekatan Ushul Fiqh yang humanistik bukan saja akan melahirkan hukum-hukum Islam yang “berpihak” pada manusia, lebih dari itu, mampu membentuk manusia yang humanis. Ketiga, Pengembangan soft skill melalui pembelajaran Ushul Fiqh dirasakan efektif dengan strategi pembelajaran Value Clarification Learning, Active Learning, dan Contextual Teaching and Learning. Selain itu, Pemilihan contoh-contoh ayat-ayat Al-Qur’an yang mendukung aktualisasi nilai tersebut dan keberanian memberikan makna pada setiap pokok-pokok bahasan ushul Fiqh. menjadi salah satu kunci pencapaian terwujudnya perilaku baru bagi individu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; ushul fiqh; soft skill
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Indonesian Peoples Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Syamsul Arifin
Date Deposited: 29 Jan 2021 08:57
Last Modified: 24 Aug 2022 03:50
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item